Cara Buat Login Sederhana dengan Code Igniter

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat login sederhana dengan menggunakan Code Igniter. Code Igniter adalah salah satu framework PHP yang cukup populer di Indonesia. Dengan menggunakan framework ini, kita dapat membangun aplikasi web dengan cepat dan mudah.

Apa itu Login?

Sebelum kita membahas tentang cara membuat login dengan Code Igniter, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu login. Login adalah proses autentikasi pengguna di aplikasi web. Dalam proses ini, pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke dalam aplikasi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki izin akses yang dapat mengakses data dan fitur dalam aplikasi tersebut.

Sekarang, mari kita mulai belajar cara membuat login dengan Code Igniter. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum kita mulai mengerjakan proyek ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapan Lingkungan Kerja

Sebelum memulai membuat login, pastikan bahwa lingkungan kerja kita sudah siap. Hal-hal yang perlu disiapkan adalah:

Hal yang harus disiapkan
Cara menyiapkan
Code Igniter
Download Code Igniter dari situs resmi dan ekstrak ke dalam folder aplikasi kita
Web Server
Install web server seperti Apache atau Nginx
Database
Install database server seperti MySQL atau PostgreSQL
Text Editor
Install text editor seperti Visual Studio Code atau Sublime Text

Jika semua hal di atas sudah disiapkan, kita siap untuk memulai membuat login.

2. Membuat Database

Langkah pertama untuk membuat login adalah membuat database untuk menyimpan data pengguna. Kita dapat menggunakan database server seperti MySQL atau PostgreSQL untuk membuat database ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Sobat Sederhana, Selamat datang di Artikel Menghitung Tinggi Balok dengan Cara Sederhana

2.1 Membuat Tabel Pengguna

Pertama-tama, kita harus membuat tabel pengguna yang akan digunakan untuk menyimpan informasi tentang pengguna. Tabel ini harus memiliki kolom-kolom berikut:

Nama Kolom
Tipe Data
Keterangan
id
INT
Primary key
username
VARCHAR(50)
Username pengguna
password
VARCHAR(255)
Password pengguna yang telah di-hash

Untuk membuat tabel ini, kita dapat menggunakan perintah SQL berikut:

CREATE TABLE pengguna (id INT PRIMARY KEY,username VARCHAR(50),password VARCHAR(255));

Ingatlah untuk mengganti tipe data dan nama kolom sesuai dengan preferensi kita.

2.2 Menambah Data Pengguna

Setelah tabel pengguna dibuat, selanjutnya kita perlu menambahkan data pengguna ke dalam tabel ini. Salah satu cara untuk menambahkan data pengguna adalah dengan menggunakan perintah SQL berikut:

INSERT INTO pengguna (id, username, password)VALUES (1, 'admin', 'hashed_password');

Ubah nilai id, username, dan password sesuai dengan preferensi kita. Pastikan juga bahwa password telah di-hash sebelum disimpan ke dalam database.

3. Membuat Login Form

Setelah database tersedia, kita dapat membuat login form untuk memungkinkan pengguna memasukkan informasi mereka. Berikut adalah langkah-langkahnya:

3.1 Membuat View Login

View login adalah tampilan halaman login yang akan ditampilkan ke pengguna. Kita dapat membuat view login dengan membuat file baru dengan nama “login.php” di dalam folder “views” di dalam folder aplikasi kita. Isi file ini dengan kode HTML berikut:

<?php echo form_open('login'); ?><label for="username">Username</label><input type="text" name="username" id="username"><label for="password">Password</label><input type="password" name="password" id="password"><input type="submit" value="Login"><?php echo form_close(); ?>

Kode ini akan menampilkan form login yang berisi input untuk username dan password, serta tombol untuk melakukan login.

3.2 Membuat Controller Login

Controller login adalah file PHP yang akan mengatur logika aplikasi untuk proses login. Kita dapat membuat controller login dengan membuat file baru dengan nama “Login.php” di dalam folder “controllers” di dalam folder aplikasi kita. Isi file ini dengan kode PHP berikut:

<?phpdefined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');class Login extends CI_Controller {public function index(){$this->load->view('login');}public function process(){// Masukkan kode untuk melakukan autentikasi pengguna di sini}}

Kode ini akan menampilkan view login ketika pengguna membuka halaman login. Selanjutnya, kita dapat menambahkan kode untuk melakukan autentikasi pengguna di method “process”.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Analisis Regresi Linier Sederhana

4. Autentikasi Pengguna

Langkah terakhir dalam membuat login adalah melakukan autentikasi pengguna. Autentikasi pengguna dilakukan dengan memeriksa apakah informasi yang dimasukkan pengguna sesuai dengan informasi yang tersimpan di dalam database. Berikut adalah langkah-langkahnya:

4.1 Query ke Database

Untuk memeriksa apakah informasi pengguna sesuai, kita dapat melakukan query ke database dengan menggunakan Code Igniter Query Builder. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

$this->db->where('username', $username);$this->db->where('password', $hashed_password);$query = $this->db->get('pengguna');if ($query->num_rows() == 1) {// Autentikasi berhasil} else {// Autentikasi gagal}

Kode ini akan memeriksa apakah data pengguna yang dimasukkan sesuai dengan data yang tersimpan di dalam database. Jika sesuai, maka autentikasi pengguna berhasil dilakukan.

4.2 Session Login

Setelah autentikasi berhasil dilakukan, kita dapat membuat session login untuk mengidentifikasi pengguna yang telah login. Kita dapat membuat session login dengan menggunakan Library Session bawaan Code Igniter. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

$this->session->set_userdata('username', $username);

Kode ini akan menambahkan session dengan nama “username” dan nilai yang sesuai dengan username pengguna yang telah login.

4.3 Redirect ke Halaman Dashboard

Terakhir, setelah session login berhasil dibuat, kita dapat mengarahkan pengguna ke halaman dashboard. Kita dapat melakukan redirect ke halaman dashboard dengan menggunakan perintah berikut:

redirect('dashboard');

Halaman dashboard adalah halaman yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah login. Jika pengguna belum login, maka pengguna akan diarahkan kembali ke halaman login.

FAQ

1. Apa itu Code Igniter?

Code Igniter adalah salah satu framework PHP yang cukup populer di Indonesia. Dengan menggunakan framework ini, kita dapat membangun aplikasi web dengan cepat dan mudah.

2. Apa itu Login?

Login adalah proses autentikasi pengguna di aplikasi web. Dalam proses ini, pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke dalam aplikasi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sabun Sederhana Untuk Sobat Sederhana

3. Apa yang harus disiapkan sebelum membuat login dengan Code Igniter?

Sebelum membuat login dengan Code Igniter, kita harus mempersiapkan lingkungan kerja yang mencakup Code Igniter, web server, database, dan text editor.

4. Apa itu autentikasi pengguna?

Autentikasi pengguna adalah proses memeriksa apakah informasi yang dimasukkan pengguna sesuai dengan informasi yang tersimpan di dalam database.

5. Apa itu session login?

Session login adalah session yang digunakan untuk mengidentifikasi pengguna yang telah login ke dalam aplikasi.

6. Apa itu halaman dashboard?

Halaman dashboard adalah halaman yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah login.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Buat Login Sederhana dengan Code Igniter