Cara Buat Liquid Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagi kalian yang suka vaping atau rokok elektrik, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah liquid. Liquid adalah cairan yang digunakan sebagai bahan bakar rokok elektrik. Sayangnya, harga liquid di pasaran cukup mahal. Oleh karena itu, di artikel kali ini, kami akan memberikan tips dan trik cara membuat liquid sederhana dan murah. Yuk simak!

Apa itu Liquid?

Sebelum kita membahas cara membuat liquid sederhana, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu liquid. Liquid adalah cairan yang digunakan sebagai bahan bakar rokok elektrik. Cairan ini terdiri dari beberapa bahan yang dicampur dengan proporsi tertentu. Bahan-bahan yang umumnya digunakan antara lain:

Bahan
Kegunaan
Propylene Glycol (PG)
Menambahkan rasa dan memberikan ‘throat hit’.
Vegetable Glycerin (VG)
Membuat asap lebih tebal dan memberikan rasa manis pada liquid.
Flavoring
Memberikan rasa dan aroma pada liquid.
Nicotine
Memberikan efek kecanduan pada penggunanya.

Kini, mari kita beralih ke pembahasan utama, yaitu cara membuat liquid sederhana.

Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat liquid, Sobat Sederhana harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Botol kosong berkapasitas 30 ml atau 60 ml
  • Syringe 5 ml atau 10 ml
  • Propylene Glycol (PG)
  • Vegetable Glycerin (VG)
  • Flavoring sesuai selera
  • Nicotine (opsional)

Seluruh alat dan bahan tersebut bisa Sobat Sederhana dapatkan di toko vape atau toko online yang menjual bahan-bahan liquid.

Langkah-Langkah Membuat Liquid

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas. Pastikan alat dan bahan sudah bersih dan steril agar liquid yang dihasilkan aman untuk digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Tahu Crispy Sederhana

2. Menentukan Rasio PG dan VG

Sebelum memulai proses pencampuran, Sobat Sederhana harus menentukan rasio PG dan VG yang ingin digunakan. Rasio umum yang digunakan adalah 70:30 atau 50:50. Rasio ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Sobat Sederhana.

3. Menentukan Jumlah Flavoring

Setelah menentukan rasio PG dan VG, Sobat Sederhana dapat menentukan jumlah flavoring yang ingin digunakan. Umumnya, penggunaan flavoring sekitar 15 persen dari total cairan. Namun, Sobat Sederhana dapat menyesuaikan jumlah flavoring sesuai dengan selera masing-masing.

4. Menentukan Jumlah Nicotine (opsional)

Jika Sobat Sederhana ingin menggunakan nicotine, tentukan jumlah nicotine sesuai dengan tingkat kecanduan Sobat Sederhana. Umumnya, penggunaan nicotine berkisar antara 3 mg hingga 24 mg tergantung pada kebutuhan.

5. Mencampurkan PG, VG, dan Flavoring

Setelah menentukan seluruh bahan yang akan digunakan, Sobat Sederhana dapat mencampurkan PG, VG, dan flavoring ke dalam botol kosong. Pastikan proporsi yang digunakan sesuai dengan yang telah ditentukan dan aduk hingga merata.

6. Menambahkan Nicotine (opsional)

Jika Sobat Sederhana ingin menggunakan nicotine, Sobat Sederhana bisa menambahkan nicotine ke dalam campuran PG, VG, dan flavoring yang telah dibuat. Pastikan proporsi nicotine sesuai dengan yang telah ditentukan dan aduk hingga merata.

7. Mencampurkan dengan Baik

Setelah seluruh bahan dicampur, aduk campuran dengan baik hingga cairan menjadi homogen. Pastikan tidak ada gumpalan atau bahan yang tidak tercampur dengan baik.

FAQ

1. Apakah Liquid Buatan Sendiri Aman Digunakan?

Ya, liquid buatan sendiri aman digunakan jika alat dan bahan yang digunakan bersih dan steril. Pastikan juga mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan baik.

2. Berapa Lama Liquid Buatan Sendiri Bisa Digunakan?

Umumnya, liquid buatan sendiri dapat digunakan selama 3 bulan jika disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Namun, pastikan untuk selalu memantau kadar nicotine yang terdapat pada liquid yang telah dibuat.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Menyalurkan Energi Listrik: Jelaskan dalam Bentuk Skema Sederhana

3. Apakah Liquid Buatan Sendiri Lebih Murah daripada Liquid di Pasaran?

Ya, liquid buatan sendiri jauh lebih murah daripada liquid yang dibeli di pasaran. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat liquid sederhana dan murah. Dengan membuat liquid sendiri, Sobat Sederhana dapat menghemat pengeluaran dalam penggunaan rokok elektrik. Pastikan untuk selalu memperhatikan proporsi bahan yang digunakan dan membersihkan alat setelah digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat liquid sendiri. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Liquid Sederhana Untuk Sobat Sederhana