Cara Buat Kue Ultah Sederhana Tanpa Oven

Assalamualaikum Sobat Sederhana,

Siapa yang tidak suka dengan kue ultah? Pasti semua orang suka kan. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue ultah sederhana tanpa oven yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ultah sederhana tanpa oven ini sangat mudah didapatkan dan terjangkau. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
200 gram
Telur
4 butir
Margarin
150 gram
Baking powder
1 sendok teh
Pewarna makanan
sesuai selera

Selain bahan-bahan di atas, kamu juga memerlukan alat-alat seperti mixer, loyang kue ukuran sedang, wadah untuk mencampur adonan, serta kompor gas atau kompor listrik.

Cara Membuat Kue Ultah Sederhana Tanpa Oven

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue ultah sederhana tanpa oven:

1. Campurkan Margarin dan Gula Pasir

Pertama-tama, campurkan margarin dan gula pasir ke dalam wadah yang telah disediakan. Aduk hingga merata dengan menggunakan mixer.

2. Masukkan Telur

Selanjutnya, masukkan telur satu per satu ke dalam adonan. Aduk kembali hingga merata. Jangan lupa untuk mengocok adonan hingga lembut dan mengembang.

3. Masukkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Setelah itu, masukkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan secara bertahap. Aduk kembali hingga tercampur merata. Pastikan tidak ada gumpalan tepung dalam adonan.

4. Tambahkan Pewarna Makanan

Kamu bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan agar tampilan kue lebih menarik. Tambahkan pewarna makanan sedikit-sedikit hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

5. Panaskan Loyang Kue

Panaskan loyang kue di atas kompor gas atau kompor listrik dengan menggunakan api kecil selama kurang lebih 5 menit. Hal ini bertujuan agar adonan kue matang dengan sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Teropong Sederhana dengan Gambar Pembuatannya

6. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Setelah loyang kue cukup panas, tuang adonan ke dalam loyang secara perlahan. Pastikan adonan tidak terlalu penuh agar tidak tumpah saat dipanggang.

7. Panggang di Atas Kompor

Panggang adonan di atas kompor dengan menggunakan api kecil selama kurang lebih 45-50 menit atau hingga matang. Jangan lupa untuk mengecek kematangan kue dengan cara menusukkan tusuk gigi ke dalam kue. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang sempurna.

FAQ

Apakah kue ultah sederhana tanpa oven ini enak?

Tentu saja! Kue ultah sederhana tanpa oven ini sangat enak dan lezat. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan rasa kue dengan selera masing-masing.

Apakah bisa menggunakan mentega?

Tentu saja bisa. Kamu bisa mengganti margarin dengan mentega sesuai selera.

Apa saja varian rasa yang bisa dibuat?

Kamu bisa membuat banyak varian rasa seperti pandan, coklat, strawberry, blueberry, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyesuaikan rasa dengan selera masing-masing.

Berapa lama kue bisa disimpan?

Kue ini bisa disimpan selama kurang lebih 3-4 hari. Simpan kue di dalam wadah tertutup atau bungkus dengan plastik wrap agar tidak mudah basi.

Berapa lama waktu persiapan dan pembuatan kue ultah sederhana tanpa oven ini?

Waktu persiapan dan pembuatan kue ini sekitar 1-2 jam, tergantung keahlian kamu dalam memasak dan membuat kue.

Penutup

Itulah cara membuat kue ultah sederhana tanpa oven yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah dibuat, kue ini juga sangat lezat dan enak. Jangan lupa untuk mencoba ya, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Kue Ultah Sederhana Tanpa Oven