Cara Buat Kue Sarang Semut Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kalian suka membuat kue? Salah satu kue yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang adalah kue sarang semut. Kue ini memiliki tekstur yang unik, renyah di luar dan lembut di dalam. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat kue sarang semut sederhana. Yuk, simak penjelasannya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat kue sarang semut, pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
100 gram
Margarin
100 gram
Putih telur
3 butir
Vanili
1 sendok teh
Baking powder
1/4 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh

Perhatikan ya Sobat Sederhana, nanti kita akan menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat kue sarang semut. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut harus diolah dengan benar agar kue yang dihasilkan enak dan lezat.

Cara Membuat Kue Sarang Semut Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kue sarang semut sederhana:

1. Campurkan Margarin dan Gula Pasir

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan margarin dan gula pasir. Aduk hingga gula tercampur dengan baik dengan margarin. Pastikan kalian menggunakan margarin yang lunak, agar mudah diaduk dan tercampur dengan baik

2. Tambahkan Tepung Terigu

Setelah mencampurkan margarin dengan gula, selanjutnya tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Pastikan tepung terigu tercampur secara merata hingga membentuk adonan yang kalis.

3. Tambahkan Bahan Lainnya

Setelah adonan kalis, tambahkan putih telur sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Lalu tambahkan vanili, baking powder dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.

4. Masukkan Adonan ke dalam Wadah

Setelah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang sudah diolesi margarin. Ratakan adonan hingga permukaannya menjadi datar.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Ikan Bandeng Sederhana

5. Panggang Kue

Langkah terakhir adalah memanggang kue. Panaskan oven terlebih dahulu selama sekitar 10 menit. Setelah itu, panggang kue selama sekitar 20-25 menit dengan suhu 160-170 derajat celcius. Angkat kue dan biarkan dingin.

FAQ

Q: Apa bedanya kue sarang semut dengan kue bolu?

A: Kue sarang semut memiliki tekstur yang lebih renyah di luar dan lembut di dalam, sedangkan kue bolu teksturnya lebih padat dan lembut di dalamnya.

Q: Apa yang bisa membuat kue sarang semut menjadi gagal?

A: Beberapa faktor yang dapat membuat kue sarang semut gagal antara lain adonan terlalu kental, oven terlalu panas, atau waktu pemanggangan terlalu lama.

Q: Bisakah kue sarang semut ditambahkan cokelat atau keju?

A: Ya, kalian bisa menambahkan taburan cokelat atau keju di atas kue sarang semut jika ingin memberikan rasa yang berbeda.

Q: Apakah kue sarang semut sulit untuk dibuat?

A: Tidak, kue sarang semut sangat mudah untuk dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya.

Penutup

Itulah tadi cara membuat kue sarang semut sederhana yang dapat kalian coba di rumah. Pastikan kalian mengikuti langkah-langkah dengan benar, agar kue yang dihasilkan enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Kue Sarang Semut Sederhana