Cara Buat Kue Nastar Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue nastar sederhana. Kue nastar merupakan kue yang banyak disukai oleh orang Indonesia, terutama pada saat hari raya. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya manis. Berikut ini adalah cara membuat kue nastar sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba dirumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar sederhana tidaklah banyak. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

100 gram margarin
50 gram gula halus
200 gram tepung terigu
2 butir kuning telur
50 gram maizena
selai nanas secukupnya
100 gram kismis
1/4 sendok teh vanili

Pastikan semua bahan yang dibutuhkan telah tersedia sebelum memulai proses pembuatan kue nastar sederhana.

Cara membuat kue nastar sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue nastar sederhana:

Langkah 1: Menyiapkan bahan

Siapkan semua bahan yang akan digunakan dan pastikan semuanya dalam kondisi yang baik dan bersih.

Langkah 2: Mengaduk margarin dan gula halus

Aduk margarin dan gula halus hingga halus dan lembut menggunakan mixer atau spatula. Pastikan bahwa keduanya tercampur secara merata.

Langkah 3: Menambahkan kuning telur

Tambahkan kuning telur pada adonan margarin dan gula halus yang telah diaduk tadi. Aduk kembali hingga tercampur secara merata.

Langkah 4: Menambahkan tepung terigu dan maizena

Tambahkan tepung terigu dan maizena pada adonan tersebut dan aduk hingga merata. Pastikan tidak ada gumpalan yang terbentuk pada adonan kue nastar sederhana tersebut.

Langkah 5: Menambahkan vanili dan kismis

Tambahkan vanili dan kismis pada adonan tersebut dan aduk lagi hingga tercampur secara merata.

TRENDING 🔥  Cara Buat Es Cream Rumahan Sederhana

Langkah 6: Membentuk adonan menjadi bulatan kecil

Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dengan diameter sekitar 1-2 cm. Pastikan adonan bulat tersebut memiliki ukuran yang sama agar ketika dipanggang, kue nastar sederhana akan matang dengan merata.

Langkah 7: Menambahkan selai nanas pada bulatan kecil

Tambahkan selai nanas pada bagian tengah bulatan kecil tersebut. Pastikan selai nanas yang ditambahkan tidak terlalu banyak agar kue nastar sederhana tidak mudah hancur.

Langkah 8: Memanggang kue nastar sederhana

Panaskan oven dengan suhu sekitar 150-160 derajat celcius. Letakkan bulatan kecil yang telah ditambahkan selai nanas pada loyang yang telah dialasi kertas roti.

Langkah 9: Memanggang kue nastar sederhana

Panggang kue nastar sederhana dalam oven sekitar 25-30 menit hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Setelah matang, keluarkan kue nastar sederhana dari oven dan diamkan hingga dingin.

FAQ tentang kue nastar sederhana

1. Bagaimana jika tidak memiliki oven?

Jika tidak memiliki oven, Sobat Sederhana bisa memakai wajan sebagai pengganti oven. Caranya cukup dengan menyiapkan wajan, alasi dengan kain, tambahkan garam, dan panaskan. Setelah panas, taruh loyang yang berisi kue nastar sederhana tersebut diatas wajan tersebut dan tutup wajan selama 25-30 menit hingga matang.

2. Apa bahan pengganti margarin?

Bahan pengganti margarin yang bisa digunakan untuk membuat kue nastar sederhana adalah mentega atau butter. Namun, pastikan bahwa mentega atau butter yang digunakan dalam kondisi dingin agar mudah diaduk.

3. Berapa lama kue nastar sederhana bisa disimpan?

Kue nastar sederhana bisa disimpan dalam wadah tertutup selama 3-4 hari pada suhu ruang. Jika ingin lebih tahan lama, bisa disimpan di dalam kulkas selama 1 minggu atau di dalam freezer selama 1 bulan.

TRENDING 🔥  Cara Merakit Inverter Sederhana

4. Bagaimana cara memastikan kue nastar sederhana matang dengan baik?

Untuk memastikan kue nastar sederhana matang dengan baik, Sobat Sederhana bisa melakukan tes tusuk menggunakan tusuk gigi. Jika kue nastar sederhana tidak lengket pada tusuk gigi tersebut, maka kue nastar sederhana sudah matang dengan baik.

5. Bagaimana agar kue nastar sederhana tidak mudah hancur?

Agar kue nastar sederhana tidak mudah hancur, pastikan selai nanas yang ditambahkan tidak terlalu banyak dan bulatan adonan yang dibentuk memiliki ukuran yang sama.

Penutup

Sekian artikel tentang cara membuat kue nastar sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa mencoba membuat kue nastar sederhana dirumah. Jangan lupa untuk memperhatikan detail pada proses pembuatannya agar kue nastar sederhana yang dihasilkan memiliki rasa yang enak dan renyah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Kue Nastar Sederhana