Cara Buat Kue Kukus Sederhana Tanpa Mixer untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kue kukus sederhana tanpa menggunakan mixer. Kue kukus yang lezat dan empuk ini bisa menjadi teman santai bersama keluarga atau teman-teman. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki mixer, karena kita bisa membuat kue ini dengan alat yang sederhana dan mudah didapatkan. Yuk, kita simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue kukus sederhana, pastikan kita sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
200 gram
Telur ayam
4 butir
Santan kental
200 ml
Minyak sayur
100 ml
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera
Baking powder
1 sendok teh
Vanili bubuk (opsional)
1/2 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh

Tips Membeli Bahan-bahan

Untuk mendapatkan kue kukus yang lezat dan berkualitas, pastikan bahan-bahan yang kita beli berkualitas baik. Pilihlah tepung terigu yang memiliki kadar gluten yang cukup tinggi, karena akan mempengaruhi tekstur kue kukus yang empuk. Selain itu, pastikan juga telur yang kita beli masih segar, karena akan mempengaruhi aroma dan rasa kue. Untuk santan, pilihlah yang kental dan tidak terlalu encer. Jangan lupa cek juga tanggal kedaluwarsa dari semua bahan yang kita beli.

Cara Membuat

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Kita akan menggunakan wadah besar untuk mencampurkan semua bahan, sendok kayu untuk mencampur adonan, dan wadah khusus untuk mengukus kue.

2. Campurkan Tepung Terigu dan Gula Pasir

Ambil wadah besar, lalu campurkan tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata dengan sendok kayu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Salju Buatan Sederhana

3. Masukkan Telur Ayam ke Dalam Adonan

Pecahkan telur ayam satu per satu, lalu masukkan ke dalam adonan tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata dengan sendok kayu.

4. Tambahkan Santan, Minyak Sayur, dan Bahan Lainnya

Selanjutnya, tambahkan santan kental, minyak sayur, baking powder, vanili bubuk, dan garam ke dalam adonan. Aduk rata dengan sendok kayu hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Jika ingin memberikan warna pada adonan, bisa ditambahkan pewarna makanan sesuai selera.

5. Aduk Sampai Adonan Berbentuk Lembut

Aduk adonan dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan berbentuk lembut. Pastikan tidak ada gumpalan-gumpalan pada adonan.

6. Siapkan Wadah Khusus untuk Mengukus Kue

Siapkan wadah khusus untuk mengukus kue, bisa menggunakan loyang kue atau wadah plastik. Olesi permukaannya dengan mentega atau minyak agar kue tidak lengket saat diambil.

7. Tuang Adonan ke Dalam Wadah Kukus

Tuang adonan ke dalam wadah khusus untuk mengukus kue. Jangan terlalu penuh karena kue akan mengembang saat dikukus. Tinggalkan sedikit ruang agar kue tidak tumpah saat dikukus.

8. Panaskan Panci untuk Mengukus Kue

Siapkan panci dengan ukuran yang cukup besar, lalu tambahkan air hingga setengah dari tinggi panci. Panaskan air sampai mendidih.

9. Panggang Kue Sampai Matang

Setelah air mendidih, letakkan wadah khusus untuk mengukus kue ke dalam panci. Tutup rapat panci agar uap tidak keluar. Kukus kue selama kurang lebih 30-45 menit sampai matang. Jangan membuka tutup panci terlalu sering karena suhu dalam panci akan turun dan mempengaruhi hasil akhir dari kue.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Kue Kukus Sederhana Tanpa Mixer Ini Sulit Dibuat?

Tidak, kue kukus sederhana ini sangat mudah dibuat. Kita hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, mencampurkan adonan, dan mengukusnya sampai matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Website Sederhana Menggunakan XAMPP

2. Bisakah Menggunakan Pewarna lain Selain Pewarna Makanan?

Tentu saja, Sobat Sederhana bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk memberikan warna pada kue, seperti daun pandan atau ubi ungu.

3. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Kukus Sederhana Ini?

Waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam tergantung pada jumlah kue yang akan dibuat dan pengaturan peralatan yang digunakan.

4. Apakah Kue Ini Cocok untuk Dijual?

Tentu saja, Sobat Sederhana bisa menjual kue kukus sederhana ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

5. Apakah Kue Ini Aman Dikonsumsi Oleh Anak-anak?

Iya, kue kukus sederhana ini aman dikonsumsi oleh anak-anak karena bahan-bahannya tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu bagaimana cara membuat kue kukus sederhana tanpa mixer. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan alat yang sederhana, kita bisa membuat kue yang lezat dan empuk. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Kue Kukus Sederhana Tanpa Mixer untuk Sobat Sederhana