Cara Buat Kue Kacang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue kacang yang sederhana namun enak. Kue kacang merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat dan sangat cocok untuk dihidangkan saat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Yuk, simak caranya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue kacang, pastikan semua bahan-bahan telah tersedia. Berikut ini adalah daftar bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Kacang tanah, digoreng
150 gram
Gula pasir
100 gram
Margarin
100 gram
Telur ayam
2 butir
Baking powder
1 sendok teh

Pastikan juga kamu sudah menyiapkan alat-alat seperti oven, loyang kue, dan mixer.

Cara membuat kue kacang sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat kue kacang sederhana:

1. Haluskan kacang tanah

Pertama-tama, haluskan kacang tanah dengan menggunakan blender atau food processor. Pastikan kacang telah benar-benar halus dan tidak ada bagian yang kasar. Jika kamu tidak memiliki blender atau food processor, kamu bisa membeli kacang yang sudah dihaluskan.

2. Kocok telur dan gula

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berubah warna menjadi putih pucat. Setelah itu, tambahkan margarin dan kocok kembali hingga tercampur rata.

3. Ayak tepung terigu dan baking powder

Ayak tepung terigu dan baking powder menggunakan saringan halus. Tujuannya adalah untuk memisahkan bagian-bagian yang menggumpal dan membuat adonan menjadi lebih halus.

4. Campur semua bahan

Setelah semua bahan siap, campurkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur sedikit-sedikit sambil terus diaduk menggunakan mixer. Setelah itu, tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan dan aduk kembali hingga tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Buat Rica Rica Ayam Sederhana

5. Panggang adonan di dalam oven

Setelah adonan siap, tuangkan ke dalam loyang kue yang sudah dioles margarin dan di taburi tepung terigu. Panggang adonan di dalam oven pada suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 40-45 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah menggunakan kacang jenis lain selain kacang tanah?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan kacang jenis lain seperti kacang almond atau kacang mede.

2. Apakah tepung terigu bisa diganti dengan tepung lainnya?

Bisa, tapi hasinya mungkin akan berbeda. Kami menyarankan untuk menggunakan tepung terigu agar kue kacang memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Namun, jika kamu memang tidak memiliki tepung terigu, kamu bisa mencoba menggunakan tepung terigu khusus kue atau tepung beras.

3. Berapa lama kue bisa disimpan?

Kue kacang bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama kurang lebih 3-4 hari.

Kesimpulan

Itulah cara membuat kue kacang sederhana yang enak dan mudah untuk dibuat. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah dan menjadikannya sebagai camilan yang lezat untuk keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Kue Kacang Sederhana