Cara Buat Kue Bawang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa di sini yang suka dengan kue bawang? Kue yang renyah dan gurih ini memang menjadi favorit banyak orang. Namun, mungkin ada yang belum tahu bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat kue bawang sederhana yang bisa dijadikan camilan di rumah. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan kue bawang, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu protein rendah
250 gram
Margarin
100 gram
Bawang merah iris tipis
150 gram
Bawang putih iris tipis
50 gram
Garam
1 sendok teh
Kaldu bubuk
1 sendok teh
Merica bubuk
1/2 sendok teh
Telur ayam
1 butir

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kita bisa memulai langkah-langkah pembuatan kue bawang sederhana.

Langkah-langkah Pembuatan

1. Campurkan Tepung Terigu dengan Margarin

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan margarin dalam wadah dan aduk hingga tercampur rata. Pastikan margarin dalam keadaan dingin dan dipotong-potong terlebih dahulu.

2. Tambahkan Bawang, Garam, Kaldu Bubuk, dan Merica

Setelah itu, tambahkan bawang merah, bawang putih, garam, kaldu bubuk, dan merica. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Tambahkan Telur Ayam

Selanjutnya, tambahkan telur ayam ke dalam adonan dan uleni hingga adonan bisa dipulung. Jangan terlalu lama menguleninya agar adonan tidak terlalu lembek.

4. Bentuk Adonan

Setelah adonan siap, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dan pipihkan sedikit dengan telapak tangan. Jangan terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

5. Goreng Kue Bawang

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tambahkan sedikit garam ke dalam minyak. Setelah minyak cukup panas, goreng kue bawang hingga kuning kecoklatan. Tiriskan kue bawang di atas kertas minyak agar minyaknya terserap.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Buah Sederhana

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Bolehkah Menggunakan Tepung Terigu Protein Tinggi?

Tidak dianjurkan menggunakan tepung terigu protein tinggi karena akan membuat kue bawang menjadi keras dan tidak renyah.

2. Apa Saja Bahan yang Bisa Ditambahkan ke dalam Adonan Kue Bawang?

Bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam adonan kue bawang adalah daun bawang iris, keju parut, atau sosis potong kecil.

3. Bagaimana Cara Menggoreng Kue Bawang agar Renyah?

Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menggoreng kue bawang. Tambahkan sedikit garam ke dalam minyak agar kue bawang lebih renyah. Goreng kue bawang dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat kue bawang sederhana yang bisa dijadikan camilan di rumah. Ingat, pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan benar dan ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan dengan seksama agar kue bawang yang dihasilkan menjadi renyah dan enak. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Kue Bawang Sederhana