Cara Buat Kerupuk Nasi Sederhana untuk Sobat Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kerupuk nasi yang sederhana dan mudah di rumah. Bagi kalian yang suka ngemil dan ingin mencoba membuat sendiri kerupuk nasi, ini adalah artikel yang tepat untuk kalian. Yuk, simak step by step cara membuat kerupuk nasi sederhana berikut ini.

1. Siapkan Bahan-bahan untuk Membuat Kerupuk Nasi Sederhana

Persiapan bahan-bahan adalah hal yang paling penting sebelum membuat kerupuk nasi. Pastikan Sobat Sederhana memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerupuk nasi, yaitu:

Bahan-bahan
Jumlah
Nasi putih
250 gram
Tepung sagu
100 gram
Air
500 ml
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Setelah memiliki semua bahan-bahan tersebut, mari kita mulai membuat kerupuk nasi.

2. Masak Nasi Putih

Langkah pertama adalah memasak nasi putih hingga matang. Pastikan nasi yang Sobat Sederhana masak tidak terlalu lembek agar mudah diproses menjadi kerupuk nasi. Setelah matang, diamkan sejenak sampai nasi dingin.

3. Campurkan Tepung Sagu dan Air

Selanjutnya, campurkan tepung sagu dan air dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata. Tepung sagu berfungsi sebagai pengikat dan menambahkan rasa pada kerupuk nasi.

4. Campurkan Nasi Putih dan Tepung Sagu

Setelah itu, campurkan nasi putih yang sudah dingin dengan adonan tepung sagu. Aduk hingga tercampur rata.

5. Tambahkan Garam

Tambahkan sedikit garam pada adonan nasi dan tepung sagu yang sudah tercampur. Garam berfungsi untuk menambahkan rasa pada kerupuk nasi.

6. Bentuk Adonan Menjadi Bulat-bulat Kecil

Setelah tercampur rata, bentuk adonan nasi dan tepung sagu menjadi bulat-bulat kecil seperti ukuran mie terasi. Hal ini bisa Sobat Sederhana lakukan dengan menggunakan sendok kecil atau cetakan kerupuk nasi yang biasa dijual di toko bahan makanan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Gergaji Triplek Sederhana

7. Keringkan dan Goreng

Setelah adonan berbentuk bulat-bulat kecil, biarkan adonan tersebut diangin-anginkan hingga agak kering. Setelah itu, goreng adonan dalam minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecoklatan.

8. Kerupuk Nasi Sederhana Siap Disantap

Sekarang, kerupuk nasi sederhana sudah siap disantap. Kerupuk nasi ini bisa menjadi camilan yang enak dan praktis untuk menemani waktu santai bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba dan selamat menikmati kerupuk nasi sederhana buatan Sobat Sederhana sendiri.

FAQ Mengenai Cara Membuat Kerupuk Nasi Sederhana

1. Apa yang bisa digunakan selain tepung sagu untuk membuat kerupuk nasi?

Selain tepung sagu, Sobat Sederhana juga bisa menggunakan tepung tapioka atau tepung ketan sebagai bahan dasar pembuatan kerupuk nasi.

2. Bisakah nasi yang sudah dingin langsung dicampurkan dengan tepung sagu?

Tidak, nasi yang sudah dingin harus dicincang terlebih dahulu sehingga adonan kerupuk nasi bisa tercampur rata dengan tepung sagu.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng kerupuk nasi?

Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng kerupuk nasi sekitar 3-5 menit hingga mengembang dan berwarna kuning kecoklatan.

4. Bisakah kerupuk nasi ini disimpan?

Bisa. Sobat Sederhana bisa menyimpan kerupuk nasi dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan enak disantap saat sudah dingin.

5. Apakah kerupuk nasi ini lebih sehat dari kerupuk industri?

Iya, kerupuk nasi sederhana yang dibuat sendiri lebih sehat karena tidak mengandung bahan-bahan pengawet dan pewarna buatan.

Penutup

Nah, itulah cara membuat kerupuk nasi sederhana yang mudah dan praktis untuk Sobat Sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan di rumah. Jangan lupa untuk berbagi resep kerupuk nasi sederhana ini kepada teman dan keluarga Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Periskop Sederhana dari Kardus

Cara Buat Kerupuk Nasi Sederhana untuk Sobat Sederhana