Cara Buat Keripik Singkong Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka makanan ringan? Salah satu makanan ringan yang favorit di Indonesia adalah keripik singkong. Keripik singkong adalah camilan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng. Rasanya renyah dan gurih, membuatnya menjadi camilan yang cocok untuk disantap kapan saja. Di artikel ini, kami akan membagikan cara buat keripik singkong sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Yuk, simak cara buat keripik singkong di bawah ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum memulai cara buat keripik singkong, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Singkong
500 gram
Tepung beras
100 gram
Garam
secukupnya
Gula pasir
2 sendok makan
Air bersih
500 ml
Minyak goreng
secukupnya

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan untuk diolah.

Persiapan Bahan:

Agar hasil keripik singkong yang dihasilkan renyah dan gurih, perlu dipersiapkan bahan-bahan dengan benar. Berikut cara mempersiapkan bahan-bahan:

1. Singkong

Pertama-tama, kupas kulit singkong menggunakan pisau. Cuci singkong dengan air bersih hingga bersih. Iris singkong tipis-tipis menggunakan mandolin atau alat iris lainnya. Pastikan irisan singkong memiliki ketebalan yang sama agar hasil penggorengan merata.

2. Larutan Bumbu

Buatlah larutan bumbu dengan cara mencampurkan tepung beras, garam, gula pasir, dan air bersih. Aduk hingga rata dan tidak bergerindil.

Cara Buat Keripik Singkong:

Setelah semua bahan dipersiapkan, berikut adalah langkah-langkah cara buat keripik singkong:

1. Rendam Singkong

Masukkan irisan singkong ke dalam larutan bumbu. Diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap ke dalam singkong.

2. Goreng Singkong

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan singkong satu per satu dan goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Sederhana

3. Ulangi Penggorengan

Ulangi langkah nomor 2 hingga semua singkong habis digoreng. Pastikan api tidak terlalu besar agar hasil penggorengan merata.

FAQ Cara Buat Keripik Singkong Sederhana:

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul ketika membuat keripik singkong:

1. Apa jenis singkong yang cocok untuk membuat keripik singkong?

Jenis singkong yang cocok untuk membuat keripik singkong adalah singkong jenis cilembu atau singkong yang manis. Jenis singkong ini memiliki tekstur yang renyah saat digoreng.

2. Apakah harus menggunakan tepung beras?

Ya, penggunaan tepung beras dapat memberikan hasil yang lebih renyah pada keripik singkong. Tepung beras juga dapat membantu bumbu meresap ke dalam singkong.

3. Dapatkah menggunakan garam laut?

Ya, Anda dapat menggunakan garam laut bila ingin. Namun, pastikan kadar garam yang digunakan tidak terlalu banyak agar tidak terlalu asin.

4. Bagaimana menyimpan keripik singkong?

Simpan keripik singkong di dalam wadah kedap udara agar tidak cepat lunak. Keripik singkong dapat disimpan hingga 1 minggu lamanya.

Penutup:

Itulah cara buat keripik singkong sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat keripik singkong yang renyah dan gurih. Selamat mencoba Sobat Sederhana! Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Keripik Singkong Sederhana