Cara Membuat Kapurung Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Berbicara mengenai makanan tradisional Indonesia, ada banyak sekali varian yang bisa kita coba. Salah satunya adalah kapurung, makanan khas Makassar yang terbuat dari ikan tuna. Kapurung sangat terkenal di Sulawesi Selatan karena rasanya yang enak dan bahan-bahannya yang mudah didapat.

Apa itu Kapurung?

Kapurung adalah makanan tradisional khas Makassar yang terbuat dari ikan tuna yang dicampur dengan bumbu-bumbu segar. Biasanya kapurung dimakan bersama dengan nasi putih atau ketupat. Rasanya yang gurih dan pedas membuat makanan ini sangat disukai oleh orang-orang di Sulawesi Selatan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum mulai membuat kapurung, Sobat Sederhana harus menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Ikan Tuna
1 kg
Serai
2 batang
Daun Jeruk
4 lembar
Cabe Merah
10 buah
Bawang Putih
10 siung
Bawang Merah
7 siung
Gula Jawa
50 gram
Garam
secukupnya
Air Jeruk Nipis
2 sendok makan

Cara Membuat Kapurung Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kapurung sederhana:

Langkah 1: Membuat Bumbu Halus

Haluskan cabe merah, bawang putih, dan bawang merah menggunakan blender atau cobek.

Langkah 2: Memasak Ikan Tuna

Cuci bersih ikan tuna dan potong-potong sesuai selera. Kemudian, rebus ikan dalam air yang telah dicampur dengan garam dan air jeruk nipis. Setelah matang, tiriskan ikan dan diamkan sebentar.

Langkah 3: Membuat Kuah Kapurung

Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian, masukkan serai dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga harum.

Langkah 4: Membuat Kapurung

Setelah bumbu halus matang, masukkan ikan tuna yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk rata dan tambahkan gula jawa. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampu Traffic Light Sederhana

Langkah 5: Menyajikan Kapurung

Kapurung siap disajikan bersama dengan nasi putih atau ketupat. Untuk tambahan rasa, Sobat Sederhana bisa menambahkan daun bawang, tomat, atau cabe rawit jika suka.

Frequently Asked Questions

1. Apakah kapurung harus menggunakan ikan tuna?

Ya, kapurung biasanya terbuat dari ikan tuna. Namun, jika tidak menyukai ikan tuna, Sobat Sederhana bisa menggunakan ikan lain.

2. Apakah kapurung pedas?

Ya, kapurung memiliki rasa yang pedas karena menggunakan cabe merah sebagai bahan utama.

3. Berapa lama kapurung bisa disimpan?

Kapurung bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari.

4. Apa yang harus dilakukan jika kapurung terlalu pedas?

Jika kapurung terlalu pedas, Sobat Sederhana bisa menambahkan santan atau air perasan kelapa untuk menetralkan rasa pedas.

5. Apakah kapurung sulit dibuat?

Tidak, kapurung sangat mudah dibuat asalkan sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah dengan benar.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kapurung Sederhana