Cara Buat Joglo Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat joglo sederhana. Joglo merupakan rumah adat Jawa yang memiliki keunikan tersendiri. Biasanya, joglo terdiri dari beberapa ruangan dengan atap limasan yang menjulang tinggi. Namun, kali ini kita akan mencoba membuat joglo dengan ukuran yang lebih kecil dan sederhana.

1. Menentukan Lokasi dan Ukuran Joglo

Langkah pertama dalam membuat joglo sederhana adalah menentukan lokasi dan ukuran joglo. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu sempit dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Ukuran joglo juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Penentuan ukuran joglo dapat disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga atau luas lahan yang tersedia. Namun, sebaiknya ukuran joglo minimal 4 x 4 meter agar dapat menampung beberapa ruangan di dalamnya.

Setelah menentukan lokasi dan ukuran joglo, langkah selanjutnya adalah membuat pondasi dan kerangka joglo.

2. Membuat Pondasi dan Kerangka Joglo

Langkah kedua adalah membuat pondasi dan kerangka joglo. Pondasi dapat dibuat dengan menggunakan beton atau batu bata. Setelah pondasi selesai dibangun, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka joglo.

Kerangka joglo dapat dibuat dengan menggunakan kayu atau bambu. Pastikan kerangka joglo kuat dan kokoh agar dapat menahan beban atap. Setelah kerangka joglo selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat dinding joglo.

3. Membuat Dinding Joglo

Langkah ketiga adalah membuat dinding joglo. Dinding joglo dapat dibuat dengan menggunakan bahan kayu atau bambu. Namun, sebaiknya gunakan bahan kayu yang lebih kuat dan tahan lama.

Jangan lupa untuk membuat pintu dan jendela pada dinding joglo. Pintu dan jendela dapat dibuat dengan menggunakan bahan kayu atau kaca. Pastikan juga pintu dan jendela dapat terbuka dan tertutup dengan mudah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana Menggunakan Dreamweaver

4. Membuat Atap Joglo

Langkah keempat adalah membuat atap joglo. Atap joglo dapat dibuat dengan menggunakan bahan genteng atau seng. Namun, sebaiknya gunakan bahan genteng yang lebih tradisional agar menjadikan joglo terlihat lebih klasik.

Pastikan atap joglo terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Atap joglo bisa dibuat dengan model limasan yang menjulang tinggi.

5. Membuat Lantai Joglo

Langkah kelima adalah membuat lantai joglo. Lantai joglo dapat dibuat dengan menggunakan bahan keramik atau batu alam. Namun, sebaiknya gunakan bahan yang tidak licin dan mudah dibersihkan.

Lantai joglo dapat diberi hiasan ornamen dengan corak batik atau ukiran kayu untuk menambah kesan tradisional.

6. Menambahkan Furniture dan Dekorasi

Langkah terakhir adalah menambahkan furniture dan dekorasi pada joglo. Pilihlah furniture yang sesuai dengan tema tradisional joglo seperti meja dan kursi dari kayu. Decorasi dapat berupa hiasan dinding seperti ukiran kayu atau batik.

Sebaiknya hindari penggunaan furniture dan dekorasi yang terlalu modern agar tidak merusak kesan tradisional joglo yang diinginkan.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah bisa membuat joglo sendiri tanpa bantuan kontraktor?
Bisa, asalkan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pembangunan rumah dan memiliki kemampuan dalam memanfaatkan kayu atau bambu sebagai bahan bangunan.
Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat joglo sederhana?
Biaya yang dibutuhkan untuk membuat joglo sederhana bervariasi tergantung pada ukuran joglo dan bahan yang digunakan. Namun, secara keseluruhan biaya yang dibutuhkan bisa mencapai beberapa juta rupiah.
Apakah joglo sederhana bisa dijadikan sebagai rumah tinggal?
Bisa, joglo sederhana dapat dijadikan sebagai rumah tinggal bagi keluarga kecil. Namun, pastikan joglo memiliki sirkulasi udara yang baik dan nyaman saat dihuni.
TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Sampah dengan Sederhana

Itulah langkah-langkah dalam membuat joglo sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat memiliki joglo sederhana dengan biaya yang terjangkau. Semoga berhasil dan selamat mencoba.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Joglo Sederhana