Cara Buat Inverter Sederhana 100 Watt

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat inverter sederhana dengan kapasitas 100 watt. Inverter adalah alat yang berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), yang biasanya digunakan untuk menghidupkan peralatan listrik yang memerlukan tegangan AC seperti televisi, kipas angin, dan lampu. Yuk, simak pembahasannya!

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan inverter, Sobat Sederhana perlu menyiapkan alat dan bahan berikut ini:

Alat
Bahan
Solder dan soldering iron
PCB board
Multimeter
Transistor NPN TIP35C sebanyak 8 buah
Papan rangkaian inverter
Transformator CT
Capasitor elektrolit sebesar 2200 uF dan kapasitas tegangan 35 volt sebanyak 2 buah
Resistor karbon 470 ohm sebanyak 8 buah
Led hijau dan merah
Terminal push sebanyak 2 buah

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, berikut adalah langkah-langkah selanjutnya.

Pembuatan Rangkaian Inverter

Pada tahap ini, Sobat Sederhana perlu membuat rangkaian inverter sebagai berikut:

Langkah 1: Persiapan PCB dan Komponen

Siapkan PCB yang akan digunakan sebagai papan rangkaian inverter. Kemudian, pasang semua komponen yang telah disiapkan sesuai dengan gambar rangkaian di bawah ini. Pastikan komponen-komponen terpasang dengan benar dan sesuai dengan polaritasnya.

Langkah 2: Pemasangan Transistor

Pada tahap ini, Sobat Sederhana perlu memasang transistor NPN TIP35C sebanyak 8 buah pada PCB dengan susunan seperti pada gambar di bawah ini. Transistor ini akan berfungsi sebagai saklar pada rangkaian inverter.

Langkah 3: Pemasangan Transformator CT

Setelah transistor terpasang dengan baik, selanjutnya Sobat Sederhana perlu memasang transformator CT pada PCB. Pastikan kaki-kaki transformator sudah terpasang dengan baik pada PCB. Transformator ini berguna untuk menstabilkan tegangan output dari inverter.

TRENDING 🔥  Interpolasi Sederhana Cara untuk Sobat Sederhana

Langkah 4: Pemasangan Capacitor dan Resistor

Pada tahap ini, Sobat Sederhana perlu memasang capacitor elektrolit dan resistor pada PCB. Capacitor dan resistor ini berguna untuk menstabilkan tegangan dan arus pada rangkaian inverter.

Pengujian Rangkaian Inverter

Setelah rangkaian inverter selesai dibuat, Sobat Sederhana perlu menguji keberhasilannya. Berikut adalah langkah-langkah pengujian rangkaian inverter:

Langkah 1: Hubungkan Rangkaian Inverter ke Sumber DC

Sambungkan rangkaian inverter yang baru dibuat ke sumber DC seperti baterai 12 volt. Pastikan sambungan dilakukan secara benar agar tidak terjadi korsleting atau circuit breaker terpicu.

Langkah 2: Periksa Tegangan Output

Setelah rangkaian inverter dihubungkan ke sumber DC, periksa tegangan outputnya dengan menggunakan multimeter. Tegangan yang dihasilkan harus sama dengan yang diinginkan yaitu 110-220 volt AC.

Langkah 3: Coba Hidupkan Peralatan Listrik

Setelah tegangan output telah terukur, coba hidupkan peralatan listrik seperti lampu atau kipas angin. Jika peralatan listrik bisa menyala dengan baik, berarti inverter yang dibuat berhasil dan siap digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara membuat inverter sederhana:

1. Berapa kapasitas inverter yang dapat dibuat dengan rangkaian ini?

Rangkaian inverter yang dibahas dalam artikel ini memiliki kapasitas 100 watt. Namun, kapasitas inverter dapat diatur dengan menyesuaikan rangkaian dan komponennya.

2. Apa yang menjadi keuntungan dari membuat inverter sendiri?

Salah satu keuntungan dari membuat inverter sendiri adalah bisa menyesuaikan kapasitas dan jenis inverter dengan kebutuhan sendiri. Selain itu, membuat inverter sendiri juga dapat menghemat biaya dan memperdalam pemahaman tentang teknologi elektronik.

3. Dapatkah rangkaian inverter ini digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik yang membutuhkan daya yang lebih besar?

Tergantung pada kapasitas inverter yang dibuat, rangkaian inverter ini dapat digunakan untuk menghidupkan peralatan listrik yang memerlukan daya yang lebih besar. Namun, perlu diperhatikan bahwa semakin besar kapasitas inverter, semakin banyak pula komponen dan biaya yang diperlukan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penghasil Listrik Sederhana

4. Apakah inverter yang dibuat dapat mengubah arus AC menjadi arus DC?

Tidak, inverter yang dibuat dalam artikel ini hanya dapat mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), bukan sebaliknya. Untuk mengubah arus AC menjadi arus DC, diperlukan rangkaian konversi yang berbeda.

5. Apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja inverter?

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja inverter antara lain:

  • Kapasitas inverter
  • Kualitas komponen
  • Suhu lingkungan
  • Tegangan masukan

Penutup

Itulah cara membuat inverter sederhana dengan kapasitas 100 watt. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat membuat inverter sendiri dengan mudah dan hemat biaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Inverter Sederhana 100 Watt