Cara Membuat Intro Sederhana di After Effect

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat intro sederhana di After Effect. Mungkin kalian sudah familiar dengan software ini, After Effect adalah software editing video yang sangat populer dan banyak digunakan oleh editor video di seluruh dunia. Dengan After Effect, kamu bisa membuat efek-efek animasi yang menakjubkan dan mempercantik tampilan video kamu.

Apa itu Intro?

Sebelum kita mulai, mari kita bahas dulu apa itu intro. Intro adalah bagian dari video yang terletak di awal video, biasanya berisi background musik dan animasi. Intro biasanya digunakan untuk memperkenalkan channel Youtube, video tutorial, atau produk yang akan dijual.

Dengan adanya intro di awal video, kamu bisa memikat perhatian penonton dan memberi kesan yang profesional.

Mengenal After Effect

Setelah kita mengetahui apa itu intro, sekarang mari kita bahas tentang After Effect. After Effect adalah software editing video yang dikembangkan oleh Adobe. Software ini sangat populer di kalangan editor video karena fitur yang dimilikinya sangat lengkap dan memungkinkan editor video untuk membuat efek-efek animasi yang menakjubkan.

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan After Effect versi 2020. Jika kamu belum memiliki software ini, kamu bisa mengunduhnya di website resmi Adobe.

Step by Step Membuat Intro Sederhana di After Effect

Step 1: Membuat Komposisi Baru

Pertama-tama, buka After Effect dan buat komposisi baru dengan menekan tombol “New Composition” atau dengan menekan tombol Ctrl+N pada keyboard.

Atur ukuran komposisi sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu ingin membuat intro untuk video Youtube, maka ukuran yang disarankan adalah 1920×1080 pixel (Full HD).

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Awan Sederhana

Step 2: Menambahkan Background

Setelah membuat komposisi baru, sekarang kita akan menambahkan background. Kamu bisa memilih background apa saja yang kamu sukai, misalnya gambar atau warna background.

Jika kamu ingin menggunakan gambar sebagai background, kamu bisa menekan tombol “File” dan pilih “Import”. Setelah itu, pilih gambar yang ingin kamu gunakan sebagai background dan drag ke dalam komposisi.

Jika kamu ingin menggunakan warna sebagai background, kamu bisa klik kanan pada area komposisi, pilih “New Solid”, dan atur warna yang kamu inginkan.

Step 3: Menambahkan Animasi Text

Selanjutnya, kita akan menambahkan animasi text. Kamu bisa menekan tombol “T” pada keyboard untuk membuat layer text baru.

Pada layer text, kamu bisa mengetik teks yang ingin ditampilkan di intro. Setelah itu, kamu bisa menambahkan efek animasi text dengan menekan tombol “Animator” pada bagian atas komposisi.

Pilih efek animasi text yang kamu inginkan, misalnya “Fade In” atau “Fly In”. Setelah itu, atur parameter efek animasi text sesuai dengan keinginanmu.

Step 4: Menambahkan Efek Sound

Setelah menambahkan animasi text, sekarang kita akan menambahkan efek sound. Efek sound ini berguna untuk memperkuat kesan dari intro yang kamu buat.

Kamu bisa menekan tombol “File” dan pilih “Import” untuk mengimport file audio yang ingin kamu gunakan sebagai efek sound. Setelah itu, drag file audio ke dalam komposisi.

Jika kamu ingin mengatur volume atau panjang durasi dari efek sound, kamu bisa mengklik kanan pada layer audio dan memilih “Audio” untuk mengatur parameter efek sound.

Step 5: Export Video

Setelah selesai membuat intro, sekarang kita tinggal export video dan siap digunakan. Kamu bisa menekan tombol “Composition” dan pilih “Add to Render Queue”. Setelah itu, atur pengaturan export video sesuai dengan keinginanmu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Fitness Sederhana untuk Di Rumah

Setelah render selesai, kamu bisa menyimpan video hasil render di komputer kamu dan siap digunakan.

FAQ

1. Apakah After Effect sulit digunakan?

Awalnya, After Effect bisa terasa sulit karena fitur yang dimilikinya sangat lengkap. Namun, jika kamu sudah terbiasa dan mengenal fitur-fiturnya, maka After Effect bisa sangat mudah digunakan.

2. Apakah After Effect hanya bisa digunakan untuk membuat intro?

Tidak. After Effect bisa digunakan untuk membuat berbagai macam efek animasi, misalnya efek khusus pada film atau video klip musik. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan After Effect untuk membuat animasi 2D dan 3D.

3. Apakah After Effect gratis?

Tidak. After Effect merupakan software yang berbayar. Namun, kamu bisa mencoba versi trial-nya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Apakah intro penting untuk video?

Iya. Intro bisa memikat perhatian penonton dan memberi kesan yang profesional. Dengan adanya intro, maka video kamu akan terlihat lebih menarik dan bisa menarik perhatian lebih banyak penonton.

5. Bagaimana cara membuat animasi yang smooth di After Effect?

Untuk membuat animasi yang smooth di After Effect, kamu bisa menggunakan teknik easing. Easing adalah teknik yang digunakan untuk membuat perpindahan antara keyframe menjadi lebih smooth atau halus.

Summary

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara membuat intro sederhana di After Effect. Dalam tutorial ini, kamu telah mempelajari step by step bagaimana membuat intro menggunakan After Effect, mengenal fitur-fiturnya, dan juga beberapa FAQ seputar After Effect.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Intro Sederhana di After Effect