Cara Buat Game Sederhana dengan Unity

Halo Sobat Sederhana, bagaimana kabar kalian? Apakah kalian pernah mendengar tentang Unity? Jika kalian adalah seorang game developer atau hanya sekedar ingin mencoba membuat game, artikel ini akan membantu kalian untuk membuat game sederhana dengan menggunakan Unity. Unity adalah platform pengembangan game yang sangat terkenal dan digunakan oleh banyak developer game di seluruh dunia. Unity cukup mudah digunakan dan juga GRATIS! Jadi, mari kita mulai dan buat game sederhana kita sendiri.

Persiapan Sebelum Membuat Game

Sebelum kita mulai membuat game, ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan:

1. Download Unity

Download Unity terbaru dari situs resminya, www.unity.com. Saat ini, versi terbaru Unity adalah 2021.1.11. Setelah kalian selesai mengunduh, install dan buka Unity.

2. Mempelajari Bahasa Pemrograman

Unity menggunakan bahasa pemrograman C#. Jika kalian belum pernah belajar C#, ada banyak tutorial online yang dapat membantu kalian mempelajarinya.

3. Mempelajari Konsep Dasar Game Development

Sebelum kita mulai membuat game, ada baiknya kalian memahami konsep dasar game development seperti gameplay, level design, animation, dan lain-lain. Ada banyak buku dan tutorial online yang dapat membantu kalian mempelajarinya.

Membuat Project Baru

Setelah kalian selesai mempersiapkan semua kebutuhan, sekarang saatnya kita mulai membuat game sederhana kita sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Unity dan Buat Project Baru

Setelah kalian membuka Unity, kalian akan melihat “New Project” di halaman awal. Klik “New Project” dan berikan nama proyek kalian.

2. Pilih Template Game

Setelah kalian membuat project baru, Unity akan menawarkan beberapa template game yang dapat kalian gunakan sebagai awal. Pilih template game yang kalian inginkan atau kalian juga dapat memulai dari awal.

TRENDING 🔥  Cara Modifikasi Mesin Sangrai Kopi Sederhana

3. Membuat Scene

Setelah kalian memilih template game atau memulai dari awal, pertama-tama kalian harus membuat scene. Scene adalah tempat dimana kalian membangun level game kalian. Untuk membuat scene, klik “File” dan pilih “New Scene”.

4. Menambahkan Asset

Setelah kalian membuat scene, kalian perlu menambahkan asset seperti karakter, objek, atau props untuk membangun level game kalian. Klik “Window” dan pilih “Asset Store” untuk mencari asset yang sesuai dengan game kalian. Kalian juga dapat mencari asset lain di luar Asset Store dan mengimpor mereka ke dalam project kalian.

5. Membuat Script

Selanjutnya, kalian perlu membuat script untuk mengatur perilaku game kalian. Untuk membuat script, klik “Assets” dan pilih “Create” dan pilih “C# Script”. Berikan nama script kalian dan buka menggunakan code editor atau Visual Studio.

Menambahkan Fungsi ke Game

Setelah kalian selesai membuat script, sekarang saatnya kalian menambahkan fungsi ke game kalian. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian lakukan:

1. Menambahkan Movement

Untuk menambahkan movement ke karakter kalian, kalian dapat menambahkan script ke karakter yang kalian buat. Script ini akan mengatur movement karakter kalian seperti jalan, lari, atau melompat. Jangan lupa untuk menambahkan input keyboard atau controller ke script kalian.

2. Menambahkan Fungsi Kamera

Fungsi kamera sangat penting untuk game 3D. Kalian dapat menambahkan script untuk mengatur kamera seperti fokus pada karakter kalian atau memindahkan kamera ketika karakter kalian berjalan ke arah tertentu.

3. Menambahkan Fungsi UI

Fungsi UI sangat penting untuk menampilkan informasi seperti skor, nyawa, atau pesan dalam game kalian. Kalian dapat menambahkan script untuk mengatur UI kalian dan menambahkan interaksi dengan input keyboard atau controller.

TRENDING 🔥  Cara Buat Generator Listrik Sederhana

Menyimpan dan Mengekspor Game

Setelah kalian selesai membuat game kalian, sekarang saatnya untuk menyimpan dan mengekspor game kalian. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menyimpan Game

Setelah kalian selesai mengatur semua hal dalam game kalian, kalian harus menyimpan game kalian. Klik “File” dan pilih “Save Scene” untuk menyimpan scene atau “Save Project” untuk menyimpan seluruh project

2. Mengekspor Game

Setelah kalian menyimpan game kalian, kalian perlu mengekspor game kalian. Klik “File” dan pilih “Build and Run” untuk mengekspor game kalian. Pilih platform yang kalian inginkan untuk mengekspor game kalian seperti PC, mobile, atau konsol.

FAQ

1. Apakah Unity Gratis?

Ya, Unity gratis untuk digunakan. Namun, jika kalian ingin mengakses fitur-fitur premium seperti lebih banyak asset atau fitur scripting, kalian harus membayar langganan Unity.

2. Apakah Saya Harus Belajar Bahasa Pemrograman?

Ya, Unity menggunakan bahasa pemrograman C#. Jika kalian ingin menjadi developer game yang sukses, belajar bahasa pemrograman adalah hal yang penting untuk dilakukan.

3. Bagaimana Cara Mencari Asset?

Kalian dapat mencari asset di dalam Asset Store atau mencari di luar Asset Store seperti di website seperti turbosquid.com atau cgtrader.com.

4. Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Saya Tidak Tahu Cara Menggunakan Unity?

Tidak masalah jika kalian masih baru dalam menggunakan Unity. Ada banyak tutorial online yang dapat membantu kalian memahami cara menggunakan Unity.

5. Apakah Saya Harus Terus-menerus Membayar Unity?

Tidak, kalian hanya perlu membayar langganan Unity jika kalian ingin menggunakan fitur-fitur premium yang disediakan Unity.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Game Sederhana dengan Unity