Cara Buat Form Email HTML dan PHP Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu seorang pemilik website atau blogger yang ingin membuat form email pada website kamu? Jika iya, artikel ini cocok banget buat kamu. Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat form email HTML dan PHP sederhana dengan mudah dan cepat. Yuk, kita mulai!

Apa Itu Form Email HTML dan PHP?

Form email adalah form yang memungkinkan pengunjung website untuk mengirim email ke pemilik website atau admin. Form email ini sangat penting bagi website atau blog karena memungkinkan pengunjung untuk menghubungi kamu dengan mudah.

HTML dan PHP adalah dua bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat form email. HTML digunakan untuk mengatur tampilan form email, sementara PHP digunakan untuk memproses pesan email yang dikirim dari form email.

Langkah-Langkah Membuat Form Email HTML dan PHP

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat form email HTML dan PHP:

Langkah
Deskripsi
Langkah 1
Buat file HTML untuk form email
Langkah 2
Buat file PHP untuk memproses pesan email yang dikirim dari form email
Langkah 3
Atur aksi form email dan method pengiriman pada file HTML
Langkah 4
Tambahkan input field pada form email untuk meminta informasi dari pengirim
Langkah 5
Tambahkan textarea pada form email untuk meminta pesan dari pengirim
Langkah 6
Tambahkan tombol submit pada form email untuk mengirim pesan email
Langkah 7
Uji coba form email dan pastikan pesan email yang dikirim berhasil terkirim

Langkah 1: Buat File HTML Untuk Form Email

Langkah pertama adalah membuat file HTML untuk form email. Kamu bisa membuat file HTML ini menggunakan teks editor seperti Notepad atau aplikasi web development seperti Visual Studio Code atau Sublime Text.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menambah Bass Speaker Standar Avanza

Berikut ini adalah contoh code HTML untuk form email sederhana:

<form action="send-email.php" method="post"><label for="name">Nama:</label><input type="text" id="name" name="name"><label for="email">Email:</label><input type="email" id="email" name="email"><label for="subject">Subjek:</label><input type="text" id="subject" name="subject"><label for="message">Pesan:</label><textarea id="message" name="message"></textarea><button type="submit">Kirim</button></form>

Code di atas menunjukkan sebuah form email sederhana dengan empat input field: nama, email, subjek, dan pesan. Form ini akan dikirim ke file PHP bernama “send-email.php” menggunakan method “post”.

Langkah 2: Buat File PHP Untuk Memproses Pesan Email

Setelah membuat file HTML untuk form email, langkah selanjutnya adalah membuat file PHP untuk memproses pesan email yang dikirim dari form email.

Berikut ini adalah contoh code PHP yang bisa kamu gunakan untuk memproses pesan email:

<?phpif(isset($_POST['submit'])) {// Variabel untuk menyimpan data yang dikirim dari form email$name= $_POST['name'];$email= $_POST['email'];$subject= $_POST['subject'];$message= $_POST['message'];// Alamat email tujuan$to= "admin@website.com";// Header untuk email$headers= "From: " . $name . " <" . $email . ">\r\n";$headers .= "Reply-To: " . $email . "\r\n";$headers .= "X-Mailer: PHP/" . phpversion();// Pesan email$body = "Nama: " . $name . "\n\n" . "Email: " . $email . "\n\n" . "Subjek: " . $subject . "\n\n" . "Pesan:\n\n" . $message;// Mengirim emailmail($to, $subject, $body, $headers);echo "Pesan email berhasil terkirim!";}?>

Code di atas akan mengambil data yang dikirim dari form email dan mengirimkan pesan email ke alamat email tujuan yang telah ditentukan. Jangan lupa ganti alamat email “admin@website.com” dengan alamat email kamu sendiri.

Langkah 3: Atur Aksi Form Email dan Method Pengiriman

Setelah membuat file HTML dan PHP untuk form email, langkah selanjutnya adalah mengatur aksi form email dan method pengiriman pada file HTML. Hal ini perlu dilakukan agar form email bisa terhubung dengan file PHP untuk memproses pesan email.

Berikut ini adalah contoh code HTML untuk mengatur aksi form email dan method pengiriman:

<form action="send-email.php" method="post">...</form>

Pada code di atas, atribut “action” mengatur alamat file PHP yang akan memproses pesan email dari form email. Atribut “method” mengatur method pengiriman dari form email. Pada contoh di atas, method pengiriman yang digunakan adalah “post”.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Regresi Sederhana

Langkah 4: Tambahkan Input Field Nama, Email, dan Subjek

Setelah mengatur aksi form email dan method pengiriman, langkah selanjutnya adalah menambahkan input field pada form email untuk meminta informasi dari pengirim.

Berikut ini adalah contoh code HTML untuk menambahkan input field:

<label for="name">Nama:</label><input type="text" id="name" name="name"><label for="email">Email:</label><input type="email" id="email" name="email"><label for="subject">Subjek:</label><input type="text" id="subject" name="subject">

Code di atas menampilkan tiga input field: nama, email, dan subjek. Input field ini akan menampilkan label berupa “Nama”, “Email”, dan “Subjek” dengan tipe input yang telah ditentukan pada atribut “type”.

Langkah 5: Tambahkan Textarea Pesan

Setelah menambahkan input field, langkah selanjutnya adalah menambahkan textarea pada form email untuk meminta pesan dari pengirim.

Berikut ini adalah contoh code HTML untuk menambahkan textarea:

<label for="message">Pesan:</label><textarea id="message" name="message"></textarea>

Code di atas menampilkan sebuah textarea dengan label “Pesan”. Pengirim pesan bisa mengetikkan pesan yang ingin dikirim pada textarea ini.

Langkah 6: Tambahkan Tombol Submit

Setelah menambahkan textarea, langkah terakhir adalah menambahkan tombol submit pada form email untuk mengirim pesan email.

Berikut ini adalah contoh code HTML untuk menambahkan tombol submit:

<button type="submit">Kirim</button>

Code di atas menampilkan sebuah tombol dengan tulisan “Kirim”. Ketika tombol ini ditekan, pesan email akan dikirim ke alamat email tujuan yang telah ditentukan.

FAQ

1. Apakah saya bisa menggunakan form email ini pada website yang saya buat menggunakan platform seperti WordPress atau Wix?

Ya, kamu bisa menggunakan form email ini pada website yang dibuat menggunakan platform seperti WordPress atau Wix. Kamu hanya perlu menambahkan kode HTML dan PHP ini pada halaman website kamu.

2. Bagaimana cara mengubah alamat email tujuan?

Untuk mengubah alamat email tujuan, kamu perlu mengganti alamat email “admin@website.com” pada file PHP dengan alamat email yang ingin kamu gunakan.

TRENDING 🔥  Gambar Cara Membuat Pelaminan Pengantin Sederhana

3. Apakah form email ini bisa digunakan untuk mengirim lampiran?

Tidak, form email ini tidak bisa digunakan untuk mengirim lampiran. Namun, kamu bisa menambahkan link download pada pesan email jika ingin membagikan file dengan pengirim pesan.

4. Apakah form email ini aman dari serangan spam?

Tidak, form email ini tidak aman dari serangan spam. Untuk menghindari serangan spam, kamu bisa menambahkan fitur CAPTCHA pada form email atau menggunakan layanan pihak ketiga seperti Google reCAPTCHA.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat form email HTML dan PHP sederhana untuk website kamu. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat form email dengan mudah dan cepat. Ingat, form email adalah hal penting yang harus ada pada website atau blog kamu agar pengunjung bisa menghubungi kamu dengan mudah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Form Email HTML dan PHP Sederhana