Cara Buat Filter Air Pam Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Air bersih sangat penting bagi kesehatan kita. Namun, tidak semua orang memiliki akses ke air bersih yang baik dan sehat. Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara membuat filter air pam sederhana yang dapat membantu Sobat Sederhana untuk mendapatkan air bersih yang aman dan sehat. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu Filter Air?

Filter air adalah suatu sistem yang digunakan untuk membersihkan air dari kotoran, zat kimia, bakteri dan virus, sehingga air menjadi lebih bersih dan aman untuk digunakan. Filter air dapat dibuat dengan bahan sederhana yang dapat ditemukan di sekitar kita.

1. Apa Fungsi dari Filter Air?

Filter air memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  1. Menghilangkan kotoran dan partikel-partikel padat dalam air
  2. Mengurangi kandungan bahan kimia dalam air
  3. Menghilangkan bau dan rasa tidak sedap dalam air
  4. Mengurangi kandungan bakteri, virus dan parasit dalam air

2. Mengapa Kita Perlu Membuat Filter Air?

Kita perlu membuat filter air karena tidak semua orang memiliki akses ke air bersih yang baik dan sehat. Selain itu, filter air juga dapat membantu mengurangi dampak negatif dari pencemaran air yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum Sobat Sederhana membuat filter air, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

No
Bahan
Jumlah
1
Botol plastik bekas
2 buah
2
Pasir kasar
2 liter
3
Pasir halus
2 liter
4
Karang atau kerikil kecil
2 liter
5
Aktif karbon
1/2 liter
6
Kapas
secukupnya
7
Gunting
1 buah

Cara Membuat Filter Air

1. Langkah Pertama

Pertama-tama, siapkan botol plastik bekas sebanyak dua buah. Potong bagian atas dan bawah botol menggunakan gunting, sehingga tersisa bagian tengah botol yang panjang dan lurus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kastengel Sederhana

2. Langkah Kedua

Kemudian, siapkan pasir kasar sebanyak dua liter, pasir halus sebanyak dua liter, karang atau kerikil kecil sebanyak dua liter, dan aktif karbon sebanyak setengah liter.

3. Langkah Ketiga

Masukkan pasir kasar ke dalam botol pertama setinggi sepertiga dari tinggi botol. Kemudian, tambahkan karang atau kerikil kecil di atas lapisan pasir kasar, setinggi sepertiga dari tinggi botol. Kemudian, tambahkan lapisan pasir halus di atas lapisan karang atau kerikil kecil, setinggi sepertiga dari tinggi botol. Terakhir, tambahkan lapisan aktif karbon di atas lapisan pasir halus.

4. Langkah Keempat

Ambil botol kedua dan potong bagian bawahnya. Letakkan botol kedua yang telah dipotong ini di atas botol pertama yang telah diisi dengan lapisan pasir, karang atau kerikil kecil, pasir halus dan aktif karbon.

5. Langkah Kelima

Terakhir, sobek kapas menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam botol kedua yang telah dipotong, di atas lapisan aktif karbon. Kapas ini bertugas menahan partikel-partikel kecil yang belum tersaring oleh aktif karbon.

Sering Ditanyakan (FAQ)

1. Apa Fungsi Kapas dalam Filter Air?

Kapas bertugas menahan partikel-partikel kecil yang belum tersaring oleh aktif karbon. Kapas juga membantu untuk menjaga agar air tetap mengalir secara merata.

2. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Air Menggunakan Filter Ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan air menggunakan filter ini tergantung pada banyaknya air dan kotoran pada air tersebut. Namun, sekitar 30 menit hingga 1 jam akan cukup untuk membersihkan 1 liter air.

3. Apakah Filter Air Ini Dapat Membersihkan Air yang Sangat Kotor?

Filter air ini dapat membersihkan air yang kotor, namun perlu diingat bahwa semakin kotor air yang akan diolah maka semakin cepat filter air akan tersumbat dan perlu diganti atau dibersihkan.

TRENDING 🔥  Cara Penyajian Kopi Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Buat Filter Air Pam Sederhana