Cara Buat Dumpling Sederhana

Hello Sobat Sederhana,

Dumpling adalah salah satu makanan khas Tiongkok yang kini semakin populer di Indonesia. Biasanya, dumpling terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan campuran daging cincang dan sayuran. Ada banyak sekali jenis dumpling yang bisa kamu coba, mulai dari yang digoreng hingga yang direbus. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat dumpling sederhana yang bisa kamu buat di rumah sendiri. Simak yuk!

1. Persiapan Bahan

Sebelum mulai membuat dumpling, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Air hangat
125 ml
Daging ayam cincang
250 gram
Wortel cincang
1 buah
Bawang bombay cincang
1 buah
Bawang putih cincang
3 siung
Garam
secukupnya
Lada bubuk
secukupnya
Minyak
secukupnya

Pastikan kamu sudah membeli semua bahan di atas sebelum memulai membuat dumpling.

2. Membuat Adonan Kulit

Langkah pertama dalam membuat dumpling adalah membuat adonan kulit. Berikut ini cara membuatnya:

2.1. Campurkan Tepung Terigu dan Air

Campurkan tepung terigu dan air hangat dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga membentuk adonan yang kalis dan tidak lengket pada tangan.

2.2. Diamkan Adonan

Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama sekitar 30 menit agar adonan bisa meresap dan lebih mudah diolah.

2.3. Gilas Adonan

Ambil adonan yang sudah didiamkan, gilas adonan dengan menggunakan rolling pin hingga berukuran tipis.

2.4. Potong Adonan

Potong adonan dengan ukuran yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan alat pemotong dadu atau gelas untuk memudahkan dalam membuat adonan yang sama ukurannya.

2.5. Siapkan Adonan untuk Pengisian

Simpan adonan yang sudah dipotong dalam wadah terpisah, jangan lupa lapisi adonan dengan tepung agar tidak lengket. Adonan ini akan digunakan untuk mengisi dengan campuran daging dan sayuran.

TRENDING 🔥  Cara Mengedit Gambar Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Membuat Isian Dumpling

Setelah adonan kulit sudah jadi, selanjutnya kamu perlu membuat isian dumpling. Berikut ini cara membuat isian dumpling:

3.1. Panaskan Minyak

Panaskan minyak dalam wajan yang sudah dipanaskan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.

3.2. Tambahkan Daging Ayam dan Sayuran

Tambahkan daging ayam cincang dan sayuran yang sudah dipotong-potong kecil. Aduk rata dan masak hingga matang. Tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya untuk memberikan rasa.

3.3. Angkat dari Wajan

Setelah isian dumpling sudah matang, angkat dari wajan dan biarkan hingga dingin. Hal ini untuk menghindari adonan kulit menjadi lembek saat digunakan untuk membungkus isian.

4. Mengisi Adonan Kulit dengan Isian

Setelah adonan kulit dan isiannya sudah siap, selanjutnya kamu bisa mulai mengisi adonan dengan isian. Berikut ini cara membuatnya:

4.1. Ambil Adonan Kulit

Ambil selembar adonan kulit yang sudah dipotong tadi, letakkan di tanganmu dan beri sedikit air pada pinggir adonan kulit tersebut.

4.2. Tambahkan Isian Dumpling

Tambahkan isian dumpling ke dalam adonan kulit yang sudah diberi air tadi. Jangan terlalu banyak, cukup 1-2 sendok teh saja.

4.3. Lipat Adonan Kulit

Lipat adonan kulit menjadi dua, rapatkan pinggir adonan dan rapatkan kedua ujung adonan untuk membentuk bentuk bulat seperti kantong.

4.4. Selesaikan Semua Adonan Kulit

Ulangi langkah 4.1-4.3 hingga semua adonan kulit dan isian sudah habis dan menjadi dumpling.

5. Memasak Dumpling

Dumpling yang sudah jadi bisa kamu masak dengan cara digoreng atau direbus. Berikut ini cara memasaknya:

5.1. Membuat Dumpling Goreng

Untuk membuat dumpling goreng, panaskan minyak dalam wajan dan goreng dumpling hingga kecokelatan. Angkat dan sajikan dengan saus tomat atau saus sambal favoritmu.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kue Dadar Gulung Sederhana untuk Sobat Sederhana

5.2. Membuat Dumpling Rebus

Untuk membuat dumpling rebus, rebus air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, masukkan dumpling ke dalam air mendidih dan biarkan hingga matang. Angkat dan sajikan dengan kuah kaldu atau cocolan saus sambal.

FAQ

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat dumpling sederhana?

Untuk membuat dumpling sederhana, kamu membutuhkan tepung terigu, air hangat, daging ayam cincang, wortel cincang, bawang bombay cincang, bawang putih cincang, garam, lada bubuk, dan minyak.

2. Apa yang membedakan dumpling dari makanan lainnya?

Dumpling memiliki bentuk bulat seperti kantong yang diisi dengan campuran daging cincang dan sayuran. Selain itu, dumpling biasanya diberi berbagai macam saus dan memiliki tekstur yang kenyal.

3. Bagaimana cara menggulung adonan kulit menjadi tipis?

Untuk menggulung adonan kulit menjadi tipis, kamu bisa menggunakan rolling pin atau mesin pembuat adonan kulit. Pastikan adonan sudah didiamkan terlebih dahulu agar lebih mudah diolah.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Buat Dumpling Sederhana