Cara Buat Donat Sederhana Tanpa Telur

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang suka dengan donat? Donat adalah salah satu kudapan yang sering menjadi pilihan untuk santai atau bahkan untuk berbuka puasa. Namun, tak sedikit yang merasa kesulitan saat membuat donat karena bahan-bahannya yang sulit didapatkan atau karena harus menggunakan telur. Nah, kali ini kita akan berbagi cara membuat donat sederhana tanpa telur yang sangat mudah. Yuk, simak!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat donat, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Susu bubuk
2 sendok makan
Gula pasir
2 sendok makan
Ragi instan
1 sendok makan
Garam
1/2 sendok teh
Air matang
150 ml
Margarin
50 gram, lelehkan
Minyak goreng
secukupnya
Gula halus
secukupnya, untuk taburan

Pembuatan

1. Campurkan Bahan Kering

Langkah pertama adalah mencampurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, dan garam. Aduk rata dengan sendok atau whisker.

2. Tambahkan Air

Selanjutnya, tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Jika terlalu lembek, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Jika terlalu keras, tambahkan air matang sedikit demi sedikit.

3. Tambahkan Margarin

Setelah adonan kalis, tambahkan margarin yang sudah dilelehkan. Uleni kembali hingga tercampur rata.

4. Diamkan Adonan

Selanjutnya, tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5. Bentuk Adonan

Setelah adonan mengembang, ambil adonan dan letakkan di atas meja yang sudah diberi tepung terigu. Pipihkan adonan dengan rolling pin dan bentuk sesuai selera menggunakan cutter atau gelas. Jangan lupa lubangi bagian tengah dengan menggunakan benda yang berbentuk silinder seperti botol minuman atau tusuk gigi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Ukur Berat Sederhana

6. Goreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng donat hingga kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

7. Taburi Gula Halus

Terakhir, taburi donat dengan gula halus dan donat sederhana tanpa telur siap disantap.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat donat tidak mengembang saat di goreng?

Hal ini bisa terjadi jika adonan terlalu lembek atau jika minyak tidak cukup panas. Pastikan adonan sudah kalis dan tunggu hingga minyak benar-benar panas sebelum menggoreng donat.

2. Mengapa donat terlalu kering?

Bisa jadi adonan terlalu keras atau minyak terlalu panas. Pastikan adonan tidak terlalu keras dan gunakan api sedang saat menggoreng donat.

3. Bolehkah menggunakan ragi instan yang sudah kadaluarsa?

Tidak disarankan. Adonan donat mungkin tidak mengembang dengan baik atau bahkan tidak mengembang sama sekali jika menggunakan ragi instan yang sudah kadaluarsa.

Conclusion

Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan mudah didapatkan, Sobat Sederhana bisa mencoba membuat donat sendiri di rumah. Jangan lupa ikuti langkah-langkah di atas dan pastikan adonan kalis agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Donat Sederhana Tanpa Telur