Cara Buat Dodol Sirsak Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar cara membuat dodol sirsak sederhana. Dodol sirsak ini adalah salah satu kudapan tradisional yang terbuat dari pulasan buah sirsak dan gula kelapa. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuat dodol sirsak ini sangat nikmat untuk disantap. Yuk, kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan dodol sirsak, pastikan semua bahan-bahan yang diperlukan sudah siap. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

Bahan
Jumlah
Buah sirsak
500 gram
Gula kelapa
400 gram
Santan kental
200 ml
Garam
sedikit

Pastikan bahan-bahan tersebut telah diperoleh dengan kualitas yang baik dan segar agar hasilnya optimal.

Cara Membuat

1. Memisahkan Biji dan Daging Buah Sirsak

Langkah pertama adalah memisahkan biji dan daging buah sirsak. Cara melakukannya adalah dengan membelah buah sirsak dan mengambil daging buahnya.

Pastikan daging buah yang diambil sudah benar-benar bersih dari biji dan kulitnya. Hal ini bertujuan agar dodol sirsak yang dihasilkan tidak memiliki rasa pahit.

2. Membuat Santan Kelapa

Setelah itu, buatlah santan kelapa dengan cara memeras kelapa parut yang telah dicampur dengan air hangat. Setelah itu, saring santan kelapa yang telah dihasilkan agar tidak mengandung serat kelapa yang dapat mengganggu tekstur dodol sirsak.

3. Mencampurkan Bahan-bahan Utama

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan utama yakni daging buah sirsak, gula kelapa, santan, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

4. Membuat Adonan Dodol

Setelah semua bahan tercampur rata, masak adonan dodol sirsak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk. Adonan akan menjadi kental dan lengket sehingga perlu diaduk agar tidak menggumpal dan gosong.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Konverter AC ke DC Motor

Proses memasak adonan ini memakan waktu sekitar 2 jam. Pastikan adonan telah matang dan tidak lengket sebelum diangkat.

5. Membentuk Dodol Sirsak

Setelah adonan matang, angkat dan biarkan dingin sejenak. Setelah agak dingin, ambil adonan dan bentuklah sesuai selera. Dodol sirsak dapat dibentuk menjadi bulat-bulat kecil atau kotak-kotak.

Dodol sirsak siap disajikan dan dapat disimpan hingga beberapa minggu jika disimpan di tempat yang bersih dan kering.

FAQ

1. Apakah dodol sirsak hanya dapat dihasilkan dari buah sirsak?

Ya, dodol sirsak hanya dapat dihasilkan dari buah sirsak. Buah sirsak memiliki rasa yang khas sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan utama dalam dodol sirsak.

2. Apakah gula kelapa dapat diganti dengan gula pasir?

Bisa, namun rasanya akan berbeda dengan dodol sirsak yang dibuat dengan gula kelapa. Gula kelapa memberikan rasa yang lebih kaya dan nikmat pada dodol sirsak.

3. Berapa lama dodol sirsak dapat disimpan?

Dodol sirsak dapat disimpan hingga beberapa minggu jika disimpan di tempat yang bersih dan kering. Pastikan dodol sirsak telah dikemas dengan rapi agar tidak terkena udara dan debu yang dapat memperpendek masa simpannya.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat dodol sirsak sederhana yang nikmat. Jangan takut mencoba membuatnya sendiri di rumah ya! Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Dodol Sirsak Sederhana