Cara Buat Dendeng Sapi Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu suka dengan olahan dendeng sapi? Dendeng sapi merupakan makanan kering yang populer di Indonesia dan biasanya dijadikan sebagai camilan atau lauk. Buat kamu yang ingin mencoba membuat dendeng sapi sendiri di rumah, berikut adalah cara membuat dendeng sapi sederhana yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan dendeng sapi, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan di bawah ini:

Bahan-bahan
Jumlah
Daging sapi has dalam
1 kg
Kecap manis
2 sendok makan
Garam
1 sendok makan
Gula pasir
1 sendok makan
Bawang putih halus
1 sendok teh
Kelapa parut kasar, sangrai
secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

1. Persiapan Daging Sapi

Bersihkan daging sapi dari segala kotoran dan lemak, kemudian potong tipis-tipis dengan ketebalan 1-2 mm.

2. Marinasi Daging Sapi

Campurkan daging sapi yang sudah dipotong dengan kecap manis, garam, gula pasir, dan bawang putih halus. Aduk rata dan diamkan selama 15-20 menit.

3. Pengeringan Dendeng Sapi

Setelah daging sapi marinasi dengan bumbu, sangrai kelapa parut hingga kering dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, tambahkan kelapa sangrai ke dalam campuran daging sapi.

Panaskan oven dengan suhu rendah sekitar 50-60 derajat Celcius. Letakkan daging sapi yang sudah dicampur dengan kelapa pada rak oven yang dilapisi dengan kertas roti. Panggang daging sapi selama 5-6 jam hingga dendeng sapi kering dan keras.

4. Penyimpanan Dendeng Sapi

Setelah dendeng sapi selesai dipanggang, biarkan dingin terlebih dahulu sebelum disimpan dalam wadah kedap udara. Dendeng sapi dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama jika disimpan dengan baik.

Tips dan Trik

Berikut beberapa tips dan trik agar dendeng sapi yang kamu buat menjadi lebih enak dan lezat:

TRENDING 🔥  Cara Kompres Hasil Scan KTP Sederhana

1. Pilih Daging Sapi yang Berkualitas Baik

Kamu dapat memilih daging sapi has dalam yang memiliki kualitas baik dan tidak terlalu berlemak agar dendeng sapi yang dihasilkan lebih enak dan empuk.

2. Perhatikan Ketebalan Daging

Ketebalan daging yang mempengaruhi waktu pengeringan dan kandungan garam dan gula yang akan diserap daging. Jika terlalu tebal dendeng sapi akan susah kering dan garam dan gula tidak merata. Sedangkan jika terlalu tipis dendeng sapi akan mudah garing dan kering hingga keras.

3. Jangan Tambahkan Terlalu Banyak Garam atau Gula

Jangan terlalu banyak mengolesi daging dengan garam atau gula karena itulah yang membuat dendeng sapi menjadi lebih asin atau terlalu manis. Pastikan campuran bumbu merata sesuai selera.

4. Gunakan Oven atau Pengering

Untuk membuat dendeng sapi yang kering dan crispy, lebih baik gunakan oven atau pengering agar proses pengeringan dendeng sapi lebih maksimal.

FAQ

1. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Dendeng Sapi?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat dendeng sapi berbeda-beda tergantung pada jumlah daging sapi yang akan diolah dan ketebalan daging. Rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 6-8 jam.

2. Apakah Dendeng Sapi Aman untuk Dikonsumsi?

Dendeng sapi yang sudah matang dan dikeringkan dengan baik aman untuk dikonsumsi. Pastikan dendeng sapi disimpan dengan baik agar tidak cepat basi atau berjamur.

3. Bisakah Menggunakan Daging Sapi yang Sudah Disimpan dalam Freezer?

Ya, kamu bisa menggunakan daging sapi yang sudah disimpan dalam freezer untuk membuat dendeng sapi. Pastikan daging sapi sudah dicairkan terlebih dahulu sebelum diolah.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Dendeng Sapi Sederhana untuk Sobat Sederhana