Cara Buat Cumi Asin Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat cumi asin yang sederhana dan mudah untuk diikuti. Cumi asin merupakan salah satu makanan yang banyak digemari di Indonesia. Rasanya yang gurih dan asin membuat cumi asin cocok disajikan sebagai teman makan nasi atau sebagai camilan di waktu luang. Nah, bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat cumi asin sendiri di rumah, berikut adalah resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat cumi asin, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1 kg
cumi
2 sdm
garam
1 sdm
merica bubuk
3 siung
bawang putih, dihaluskan
1 sdm
kecap asin
2 sdm
minyak goreng

Pastikan bahan-bahan yang disiapkan sudah bersih dan segar ya, Sobat Sederhana.

Cara Membuat Cumi Asin Sederhana

Nah, setelah semua bahan-bahan sudah tersedia, Sobat Sederhana bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat cumi asin sederhana:

Langkah 1: Membersihkan dan Merebus Cumi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan cumi dengan baik. Bisa juga menggunakan cumi yang sudah dibersihkan dari pasar. Setelah itu, rebus cumi dalam air mendidih selama 5-10 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Langkah 2: Menghaluskan Bahan-Bahan

Selanjutnya, haluskan bawang putih dan merica. Masukkan ke dalam wadah bersama dengan cumi yang sudah direbus dan kecap asin. Aduk hingga rata.

Langkah 3: Memasak Cumi

Panaskan minyak dalam wajan, kemudian masukkan campuran cumi dan bahan lainnya, masak dengan api sedang. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan garam secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dan meresap ke dalam cumi. Masak hingga cumi mengering dan berwarna coklat kehitaman.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bor Listrik Sederhana

Langkah 4: Penyajian

Sajikan cumi asin dalam piring dan siap disajikan sebagai teman makan nasi atau sebagai camilan. Cumi asin sederhana sudah siap dinikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat cumi asin jadi asin?

Cumi asin dibuat menjadi asin dengan cara direndam dalam larutan garam dan kemudian dijemur hingga kering. Proses ini membuat cumi terasa lebih gurih dan asin.

2. Berapa lama cumi asin bisa disimpan?

Cumi asin bisa disimpan di dalam lemari es selama 1-2 minggu.

3. Apa saja bahan-bahan yang bisa ditambahkan ke dalam cumi asin?

Selain bawang putih dan kecap asin, bahan-bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam cumi asin antara lain cabai bubuk, saus tiram, dan kecap manis.

4. Apakah cumi asin bisa disajikan sebagai lauk?

Ya, cumi asin bisa disajikan sebagai lauk dengan nasi atau mie goreng.

5. Apakah cumi asin bisa dibuat tanpa merebus terlebih dahulu?

Tidak disarankan untuk membuat cumi asin tanpa merebus terlebih dahulu. Proses merebus akan membantu mengurangi bau amis pada cumi dan membuat cumi lebih empuk saat dimasak.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu bagaimana cara membuat cumi asin sederhana yang mudah dan praktis. Coba resep ini di rumah dan nikmati cumi asin yang lezat dan gurih. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Cumi Asin Sederhana