Cara Buat Cilung Sederhana

Sobat Sederhana, apa kabar? Kali ini, kami akan membagikan resep dan cara membuat cilung sederhana. Cilung atau cimol yang merupakan singkatan dari aci digoreng dalam bahasa Sunda merupakan camilan khas dari Jawa Barat yang sudah terkenal hingga mancanegara. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat cilung, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan
Jumlah
Tepung aci
250 gram
Bawang putih, parut
2 siung
Garam
1 sendok teh
Merica bubuk
1/2 sendok teh
Air matang
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan dan Alat

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat cilung.

Bahan:

Tepung aci, bawang putih, garam, merica bubuk, dan air matang.

Alat:

Wadah, sendok, pengaduk, penggorengan, dan kompor.

2. Campurkan Bahan

Setelah semua bahan dan alat tersedia, Sobat Sederhana bisa memulai dengan mencampurkan tepung aci, bawang putih yang telah di parut, garam, dan merica bubuk ke dalam wadah. Kemudian, aduk rata.

3. Tambahkan Air Matang

Selanjutnya, tambahkan air matang ke dalam adonan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan. Pastikan jumlah air yang ditambahkan tidak terlalu banyak agar adonan tidak terlalu cair.

4. Bentuk Adonan

Setelah adonan siap, Sobat Sederhana bisa membentuk adonan menjadi bola-bola kecil seukuran lada kemiri.

5. Goreng Cilung

Setelah adonan dibentuk, goreng cilung dalam minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

FAQ

1. Apa itu cilung?

Cilung atau cimol adalah camilan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung aci yang digoreng.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Sederhana Menggunakan Turbo Pascal

2. Bagaimana cara membuat cilung?

Cara membuat cilung sangat mudah. Pertama-tama, campurkan tepung aci, bawang putih, garam, dan merica bubuk dalam wadah. Kemudian, tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan goreng dalam minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

3. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilung?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilung adalah tepung aci, bawang putih, garam, merica bubuk, air matang, dan minyak goreng.

4. Apa yang harus dilakukan jika adonan cilung terlalu cair?

Jika adonan cilung terlalu cair, bisa menambahkan tepung aci sedikit-sedikit hingga adonan tidak lengket di tangan dan bisa dipulung.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat cilung?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat cilung sekitar 30 menit.

Kesimpulan

Demikianlah Sobat Sederhana, cara membuat cilung sederhana yang bisa dicoba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dijamin cilung yang dihasilkan enak dan renyah. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan bagikan pengalamanmu di kolom komentar. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Cilung Sederhana