Cara Buat Celengan Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat celengan sederhana? Celengan adalah sebuah wadah kecil yang digunakan untuk menyimpan uang. Dengan memiliki celengan, kamu bisa belajar untuk menabung sejak dini dan mengatur keuanganmu dengan lebih baik. Dalam artikel ini, kamu akan diajarkan cara membuat celengan sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat celengan sederhana, kamu perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
1. Pisau cutter
1. Botol plastik bekas
2. Penggaris
2. Gunting
3. Lem tembak
3. Kain flanel
4. Pensil
4. Cat akrilik
5. Kuas
5. Stiker

Persiapkan semua alat dan bahan tersebut dengan baik agar proses pembuatan celengan berjalan dengan lancar.

Langkah-langkah Membuat Celengan Sederhana

Berikut adalah cara membuat celengan sederhana dengan menggunakan botol plastik bekas:

1. Siapkan Botol Plastik Bekas

Langkah pertama adalah memilih botol plastik bekas yang akan digunakan sebagai bahan dasar celengan. Kamu bisa memilih botol plastik bekas yang ukurannya sesuai dengan keinginanmu. Pastikan botol tersebut dalam kondisi bersih dan kering sebelum digunakan.

2. Potong Bagian Tengah Botol

Dengan menggunakan pisau cutter, potong bagian tengah botol secara horizontal. Bagian bawah botol akan digunakan sebagai tempat untuk menampung uang. Bagian atas botol akan digunakan sebagai tutup.

3. Buat Lubang pada Tutup Botol

Dengan menggunakan penggaris dan pensil, gambar lingkaran pada tutup botol. Lubang ini nantinya akan digunakan untuk memasukkan uang ke dalam celengan. Setelah gambar lingkaran, gunakan pisau cutter untuk memotong tutup botol sesuai dengan gambar yang telah dibuat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat PSB dengan Software Sederhana

4. Bekas Tutup Botol

Setelah potong tutup botol, bekas tutup botol siap digunakan sebagai tutup pada bagian bawah botol yang telah dipotong. Tempelkan tutup bekas botol dengan menggunakan lem tembak.

5. Buat Pintu pada Bagian Bawah Botol

Pada bagian bawah botol yang telah dipotong, buatlah pintu dengan menggunakan pisau cutter. Pintu ini nantinya akan digunakan untuk mengeluarkan uang dari celengan. Ukuran pintu bisa disesuaikan dengan ukuran botol yang digunakan.

6. Beri Dekorasi

Setelah bahan dasar celengan sudah jadi, kamu bisa memberi dekorasi pada celengan. Kamu bisa menggunakan kain flanel atau cat akrilik untuk memberi warna pada celengan. Kamu juga bisa menambahkan stiker pada celengan untuk membuatnya lebih menarik.

FAQ tentang Cara Buat Celengan Sederhana

1. Apakah botol plastik bekas bisa digunakan sebagai bahan dasar celengan?

Ya, botol plastik bekas bisa digunakan sebagai bahan dasar celengan. Selain mudah didapatkan, botol plastik bekas juga ramah lingkungan karena daur ulang bahan tersebut.

2. Apakah bisa membuat celengan sederhana tanpa menggunakan pisau cutter?

Meskipun lebih mudah menggunakan pisau cutter untuk membuat celengan sederhana, kamu juga bisa menggunakan gunting biasa untuk memotong bagian tengah botol dan membuat pintu pada bagian bawah botol.

3. Apa saja bahan lain yang bisa digunakan untuk dekorasi pada celengan?

Selain kain flanel dan cat akrilik, kamu juga bisa menggunakan kertas origami atau stiker untuk memberi dekorasi pada celengan sederhana.

4. Apakah celengan sederhana hanya bisa digunakan untuk menabung uang?

Tidak hanya uang, celengan sederhana juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti perhiasan atau kancing. Dengan memiliki celengan sederhana, kamu bisa dengan mudah mengatur dan menyimpan barang-barang kecil tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Pupuk Cair dari Limbah Sayur secara Sederhana

5. Bagaimana cara membersihkan celengan sederhana?

Untuk membersihkan celengan sederhana, kamu bisa membersihkan bagian dalam botol dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air sabun. Pastikan botol benar-benar kering sebelum digunakan kembali untuk menyimpan uang atau barang-barang kecil lainnya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Celengan Sederhana