Cara Buat Calculator Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Di era digital seperti sekarang, kalkulator menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk menyelesaikan berbagai perhitungan. Ada banyak jenis kalkulator yang tersedia di pasaran, mulai dari kalkulator sains hingga kalkulator grafik. Namun, jika Anda ingin membuat kalkulator sederhana sendiri, Anda bisa mengikuti panduan ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python.

Persiapan Sebelum Membuat Kalkulator Sederhana

Sebelum kita mulai, pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan berikut:

  1. Download dan install Python: Python adalah bahasa pemrograman yang akan kita gunakan untuk membuat kalkulator. Anda dapat mengunduh Python dari situs web resmi Python dan menginstalnya pada komputer Anda.
  2. Memahami konsep dasar bahasa pemrograman: Meskipun panduan ini ditujukan untuk pemula, tetapi akan lebih mudah bagi Anda jika sudah memahami konsep dasar bahasa pemrograman seperti variabel, fungsi, dan operator.
  3. Memiliki aplikasi text editor: Untuk menulis kode program, Anda membutuhkan aplikasi text editor seperti Visual Studio Code atau Sublime Text.

Membuat Kalkulator Sederhana dengan Python

Setelah memenuhi persyaratan di atas, kita bisa mulai membuat kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat Fungsi untuk Operasi Matematika Dasar

Pertama-tama, buatlah fungsi untuk menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi bilangan:

Operator
Kode
Fungsi
Tambah
+
def tambah(a, b):
return a + b
Kurang
def kurang(a, b):
return a – b
Kali
*
def kali(a, b):
return a * b
Bagi
/
def bagi(a, b):
return a / b

Anda dapat menambahkan operator matematika lainnya sesuai kebutuhan.

2. Membuat Fungsi untuk Meminta Input dari Pengguna

Selanjutnya, buatlah fungsi untuk meminta input dari pengguna:

def meminta_input():a = float(input("Masukkan bilangan pertama: "))b = float(input("Masukkan bilangan kedua: "))operasi = input("Masukkan operator (+, -, *, /): ")return a, b, operasi

Fungsi ini akan meminta pengguna untuk memasukkan dua bilangan dan operator yang ingin digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Menerbangkan Roket Air Sederhana

3. Membuat Fungsi untuk Memproses Inputan Pengguna

Setelah pengguna memasukkan input, kita perlu memproses input tersebut dengan menggunakan fungsi yang telah kita buat sebelumnya:

def proses_input(a, b, operasi):if operasi == "+":return tambah(a, b)elif operasi == "-":return kurang(a, b)elif operasi == "*":return kali(a, b)elif operasi == "/":return bagi(a, b)

Fungsi ini akan memanggil fungsi untuk operasi matematika dasar yang telah kita buat sebelumnya.

4. Membuat Fungsi untuk Menampilkan Hasil

Terakhir, buatlah fungsi untuk menampilkan hasil perhitungan:

def tampilkan_hasil(hasill):print("Hasil perhitungan adalah:", hasill)

Fungsi ini akan menampilkan hasil perhitungan ke layar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan kalkulator sederhana?

Kalkulator sederhana adalah kalkulator yang hanya dapat melakukan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Apa keuntungan membuat kalkulator sederhana sendiri?

Membuat kalkulator sederhana sendiri dapat membantu Anda memahami konsep dasar bahasa pemrograman dan meningkatkan kreativitas.

3. Apa bahasa pemrograman yang digunakan dalam artikel ini?

Artikel ini menggunakan bahasa pemrograman Python.

Penutup

Semoga tutorial ini dapat membantu Sobat Sederhana untuk memahami cara membuat kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python. Dengan mengikuti tutorial ini, diharapkan Sobat Sederhana dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep dasar bahasa pemrograman dan menghasilkan kalkulator sederhana yang berguna. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengeksplorasi lebih lanjut! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Calculator Sederhana