Cara Buat Cadar Sederhana

Hallo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat cadar sederhana. Cadar adalah perlengkapan rumah tangga yang berguna untuk menutupi kasur agar terhindar dari debu dan kotoran. Namun, kadang-kadang harga cadar yang dijual di toko terlalu mahal atau tidak sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu, membuat cadar sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Yuk simak cara buat cadar sederhana berikut ini!

1. Pilih Bahan yang Sesuai

Langkah pertama dalam membuat cadar sederhana adalah memilih bahan yang sesuai. Pastikan bahan yang digunakan nyaman dan tidak menyebabkan gatal pada kulit. Anda bisa memilih bahan katun atau flanel yang lembut dan mudah dicuci. Jangan lupa untuk membeli kain dalam jumlah yang cukup untuk menutupi seluruh kasur.

Setelah membeli kain, jangan langsung memotongnya. Cuci terlebih dahulu kain baru dipotong agar tidak mengecil saat dicuci nantinya.

2. Siapkan Alat dan Bahan Lainnya

Selain kain, Anda juga perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan lainnya untuk membuat cadar sederhana. Beberapa di antaranya adalah:

Alat dan Bahan
Keterangan
Benang jahit
Untuk menjahit kain
Pita pengukur
Untuk mengukur kain
Gunting kain
Untuk memotong kain
Mesin jahit
Opsional, untuk menjahit kain secara lebih cepat dan rapi

3. Ukur dan Potong Kain Sesuai Ukuran Kasur

Langkah selanjutnya adalah mengukur dan memotong kain sesuai ukuran kasur. Pertama, ukurlah panjang dan lebar kasur menggunakan pita pengukur. Selanjutnya, tambahkan beberapa sentimeter sebagai cadangan agar kain dapat dijahit dengan rapi.

Setelah itu, potonglah kain sesuai ukuran yang telah diukur tadi. Pastikan potongan kain memiliki ukuran yang sama agar mudah dijahit.

TRENDING 🔥  Cara Merias Wajah Sederhana Tapi Cantik

4. Jahit Kain

Selanjutnya, jahitlah kain menggunakan mesin jahit atau tangan. Anda bisa memilih pola jahitan yang sederhana agar lebih mudah dalam proses pembuatan. Pastikan jahitan kain rapi dan kuat agar cadar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jangan lupa untuk menjahit seluruh sisi kain kecuali salah satu sisi yang akan digunakan sebagai pembuka. Sisi yang tidak dijahit bisa digunakan sebagai tempat masuknya kasur. Jangan lupa juga untuk memberikan jahitan pada bagian sudut agar terhindar dari sobek.

5. Buat Pembuka pada Sisi Tertentu

Nah, untuk sisi yang tidak dijahit tadi, Anda bisa membuat pembuka atau tutup cadar sederhana. Caranya dengan menambahkan beberapa kancing, resleting atau bahkan pita pengikat. Pastikan pembuka tidak terlalu sulit untuk dibuka dan ditutup sehingga memudahkan dalam penggunaannya.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Berapa jumlah kain yang dibutuhkan untuk membuat cadar sederhana?

Jumlah kain yang dibutuhkan tergantung pada ukuran kasur yang akan ditutupi. Pastikan membeli kain dalam jumlah yang cukup agar menutupi seluruh kasur dengan rapi.

2. Apa bahan yang cocok untuk membuat cadar sederhana?

Anda bisa memilih bahan yang lembut dan mudah dicuci seperti katun atau flanel. Pastikan bahan yang digunakan nyaman dan tidak menyebabkan gatal pada kulit.

3. Apa yang harus dilakukan jika kain yang sudah dibeli ternyata mengecil saat dicuci?

Sebaiknya cuci terlebih dahulu kain baru dipotong agar tidak mengecil saat dicuci nantinya. Namun, jika kain sudah mengecil, Anda bisa menambahkan beberapa sentimeter pada ukuran yang diukur agar cadar dapat menutupi kasur dengan baik.

4. Bagaimana cara menjahit kain dengan rapi?

Untuk menjahit kain dengan rapi, pastikan benang jahit yang digunakan tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Gunakan juga mesin jahit yang tepat agar jahitan menjadi rapi dan kuat. Jangan lupa untuk memilih pola jahitan yang mudah namun tetap terlihat indah.

TRENDING 🔥  Cara Mengasah Mata Pisau Mesin Serut Kayu Secara Sederhana

5. Apakah ada alternatif untuk membuat cadar sederhana tanpa mesin jahit?

Tentu saja bisa. Anda bisa menjahit kain secara manual menggunakan jahitan tangan atau menempelkan kain dengan lem khusus jika tidak memiliki mesin jahit.

Demikianlah cara buat cadar sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya ya. Sampai jumpa!

Cara Buat Cadar Sederhana