Cara Buat Burger Mini Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka burger? Makanan cepat saji yang satu ini memang selalu menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin mengisi perut saat sedang sibuk bekerja atau beraktivitas. Namun, tidak sedikit juga yang merasa bosan dengan varian burger yang itu-itu saja. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara membuat burger mini sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses membuat burger mini sederhana, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk membuat burger mini sederhana:

Bahan
Jumlah
Daging sapi cincang
200 gram
Telur
1 butir
Tepung roti
100 gram
Bawang putih cincang
2 siung
Keju cheddar parut
50 gram
Lettuce
1/4 ikat
Tomat
1 buah
Mayones
secukupnya
Minyak sayur
secukupnya
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya

Dengan menyiapkan semua bahan di atas, kamu sudah siap untuk memulai proses membuat burger mini sederhana.

2. Proses Membuat Burger

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memulai proses membuat burger mini sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1. Membuat Adonan Daging

Pertama-tama, campurkan daging sapi cincang, telur, bawang putih cincang, garam, dan lada hitam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

2.2. Membentuk Adonan Menjadi Burger Mini

Setelah adonan daging sudah tercampur dengan baik, ambil sejumput adonan daging dan bentuk menjadi burger mini. Lakukan langkah yang sama hingga adonan daging habis.

2.3. Memberi Tepung Roti pada Burger

Setelah adonan daging sudah di bentuk, selanjutnya gulingkan burger mini pada tepung roti hingga terbalut seluruhnya. Hal ini bertujuan untuk membuat burger mini lebih renyah saat digoreng.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Tart Sederhana Tanpa Oven dan Mixer

2.4. Menggoreng Burger Mini

Setelah burger mini sudah terbalut tepung roti, selanjutnya panaskan minyak sayur dalam wajan dan goreng burger mini hingga kecokelatan. Jangan lupa untuk membalik burger mini agar matang secara merata.

2.5. Menambahkan Keju Cheddar

Setelah siap digoreng, segera angkat burger mini dan letakkan di atas tisu untuk menyerap minyak berlebih. Selanjutnya taburkan keju cheddar parut di atas burger mini yang masih panas. Keju cheddar yang mencair akan memberikan sensasi kelezatan tersendiri.

3. Penyajian Burger

Setelah burger mini sudah matang, saatnya untuk menyajikannya. Ambil selembar lettuce dan letakkan di atas burger mini sebagai pengganti roti. Selanjutnya tambahkan beberapa potongan tomat dan oleskan mayones secukupnya.

4. FAQ

4.1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat burger mini sederhana?

Proses membuat burger mini sederhana biasanya memakan waktu sekitar 30-40 menit.

4.2. Bisakah burger mini sederhana disimpan dalam kulkas?

Burger mini sederhana bisa disimpan dalam kulkas selama maksimal dua hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tidak cepat basi.

4.3. Apakah burger mini sederhana bisa dibuat vegan?

Ya, burger mini sederhana bisa dibuat vegan dengan mengganti daging sapi cincang dengan bahan pengganti seperti tempe atau tahu. Keju cheddar parut juga bisa diganti dengan keju vegan yang tersedia di pasaran.

4.4. Apa yang bisa dijadikan pelengkap untuk burger mini sederhana?

Selain lettuce dan tomat, kamu juga bisa menambahkan bahan seperti saus tomat, saus sambal, cuka, atau mustard untuk memberikan variasi rasa pada burger mini sederhana.

5. Kesimpulan

Nah, itulah tadi cara membuat burger mini sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain praktis dan mudah, membuat burger mini sederhana juga bisa memberikan variasi rasa untuk menu makanan sehari-hari. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengukur Grounding Perangkat Tegangan DC

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Buat Burger Mini Sederhana