Cara Buat Bumbu Nasi Goreng Sederhana Enak

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat bumbu nasi goreng sederhana enak. Nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak dan mudah dibuat membuat nasi goreng menjadi menu wajib di setiap rumah. Namun, untuk membuat nasi goreng yang enak dan lezat, ada beberapa trik dan cara yang harus diperhatikan. Berikut adalah cara membuat bumbu nasi goreng sederhana enak yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai memasak, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang harus disiapkan antara lain:

Nama Bahan
Jumlah
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
3 buah
Cabe rawit
5 buah
Cara Iri
1 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Kecap manis
2 sendok makan
Ketumbar
1 sendok teh
Lada
1/2 sendok teh
Mentega
2 sendok makan
Saus tiram
1 sendok makan
Telur
2 butir
Nasi putih
4 mangkok

Bahan-bahan tersebut bisa Sobat Sederhana sesuaikan dengan selera masing-masing dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan banyaknya nasi yang akan dimasak.

2. Iris semua bahan

Setelah semua bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengiris semua bahan. Bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit diiris tipis. Setelah itu, telur juga diambil kuningnya saja dan diaduk rata.

3. Panaskan wajan dan tumis bumbu

Panaskan wajan dengan menggunakan api kecil hingga cukup panas. Setelah itu, masukkan mentega dan tunggu hingga mentega mencair. Setelah itu, masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tadi. Tumis hingga harum dan berubah warna.

Setelah bawang merah dan bawang putih berubah warna, masukkan cabai merah dan cabai rawit yang sudah diiris tadi. Tumis hingga cabai layu dan berubah warna.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kuah Shabu Shabu Sederhana

4. Masukkan telur dan nasi

Setelah cabai sudah layu, masukkan telur yang sudah diaduk rata tadi. Aduk hingga telur matang.

Setelah telur matang, masukkan nasi putih ke dalam wajan. Aduk hingga semua bumbu merata dan nasi goreng matang.

5. Tambahkan kecap manis, saus tiram, dan garam

Setelah nasi goreng hampir matang, tambahkan kecap manis, saus tiram, dan garam secukupnya. Aduk hingga semua bumbu merata dan nasi goreng matang dengan sempurna.

6. Sajikan nasi goreng sederhana enak

Sajikan nasi goreng sederhana enak yang sudah matang ke dalam piring saji dan bisa langsung dinikmati bersama keluarga tercinta.

FAQ

1. Bolehkah mengganti bahan-bahan yang ada?

Tentu saja. Bahan-bahan yang ada di atas bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, pastikan takaran bahan tetap sesuai dengan resep agar cita rasa nasi goreng tetap enak.

2. Bagaimana jika saya tidak suka pedas?

Bagi Sobat Sederhana yang tidak suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabai merah dan cabai rawit atau bahkan menghilangkannya. Namun, pastikan rasa masih terasa enak dan tidak terlalu hambar.

3. Bolehkah menggunakan nasi yang sudah dingin?

Boleh saja. Nasi goreng enak bisa dibuat dengan bahan nasi yang sudah dingin atau bahkan nasi sisa dari makan malam kemarin. Namun, pastikan nasi yang digunakan tidak terlalu basah atau lembek.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng sederhana enak?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng sederhana enak sekitar 30 menit. Namun, waktu bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung pengalaman memasak dan keahlian.

5. Apakah nasi goreng sederhana enak bisa disimpan di dalam kulkas?

Bisa. Nasi goreng sederhana enak bisa disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, pastikan nasi goreng sudah dingin sebelum disimpan dan simpan di dalam wadah yang kedap udara.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Menggunakan Netbeans

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Bumbu Nasi Goreng Sederhana Enak