Cara Buat Brownies Bakar Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat brownies bakar yang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Brownies adalah salah satu kue yang paling populer di seluruh dunia dan sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Oleh karena itu, yuk simak cara membuat brownies bakar sederhana yang enak berikut ini!

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat brownies, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung Terigu
150 gram
Gula Pasir
200 gram
Cokelat Bubuk
50 gram
Minyak Goreng
100 ml
Es Batu
100 gram
Telur Ayam
3 butir
Baking Powder
1/2 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh

Pastikan bahan-bahan yang dipilih sudah berkualitas baik dan sesuai dengan takaran yang diberikan. Dengan begitu, brownies yang dihasilkan akan lebih enak dan lezat.

Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan terkumpul, saatnya untuk memulai membuat brownies. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Siapkan Wadah dan Alat

Persiapkan loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti atau diolesi margarin agar brownies tidak lengket. Sediakan juga oven dan mixer atau wisk untuk memudahkan dalam mengaduk adonan.

Langkah 2: Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, gula pasir, cokelat bubuk, baking powder, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan wisk atau mixer.

Langkah 3: Campurkan Bahan Basah

Kocok telur ayam hingga berbusa, lalu tambahkan minyak goreng dan es batu. Aduk rata hingga es batu mencair.

Langkah 4: Campurkan Bahan Kering dan Basah

Tuang adonan bahan basah ke dalam wadah bahan kering sedikit-sedikit sambil diaduk secara perlahan. Pastikan adonan benar-benar tercampur dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pelembab Udara Sederhana

Langkah 5: Panaskan Oven

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit.

Langkah 6: Tuang Adonan ke Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Ratakan permukaan dengan spatula agar adonan merata dan tidak ada yang menggumpal.

Langkah 7: Panggang Adonan

Panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan selama 20-25 menit. Pastikan adonan matang sempurna dengan melakukan tes tusuk menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, maka brownies sudah matang.

Tips dan Trik

Agar brownies yang dihasilkan lebih enak dan sempurna, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba:

1. Gunakan Tepung Terigu yang Rendah Protein

Tepung terigu rendah protein cocok digunakan untuk membuat brownies karena dapat menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan kue yang lebih ringan.

2. Jangan Overmix Adonan

Jangan terlalu sering mengaduk adonan brownies karena dapat membuatnya mengembang dan menjadi kaku saat dipanggang.

3. Gunakan Oven yang Telah Dipanaskan dengan Suhu yang Tepat

Sebelum memanggang, pastikan oven telah dipanaskan dengan suhu yang tepat agar adonan dapat matang dengan sempurna.

FAQ

1. Apakah Brownies Bakar Lebih Enak Daripada Brownies Kukus?

Selera masing-masing orang berbeda-beda, namun ada yang berpendapat bahwa brownies bakar lebih enak karena memiliki tekstur yang lebih renyah dan aroma karamel yang khas.

2. Bisakah Saya Mengganti Minyak Goreng dengan Mentega?

Tentu saja bisa, namun perlu diingat bahwa tekstur dan rasa brownies yang dihasilkan dapat berbeda. Minyak goreng lebih cocok digunakan karena dapat membuat brownies lebih moist dan tidak terlalu berat.

3. Apakah Brownies Ini Tahan Lama?

Ya, brownies dapat bertahan selama beberapa hari jika disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Meja Belajar Sederhana

Kesimpulan

Selamat, Sobat Sederhana! Sekarang Anda sudah tahu cara membuat brownies bakar yang sederhana dan mudah di rumah. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan nikmati bersama keluarga atau teman-teman Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Brownies Bakar Sederhana