Cara Buat Bolu Panggang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kalian suka membuat kue? Kali ini, kami akan berbagi cara membuat bolu panggang sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Bolu panggang merupakan salah satu kue yang cukup populer dan mudah dibuat. Tanpa banyak basa-basi, yuk langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat bolu panggang, pastikan kalian telah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Telur
4 butir
Gula pasir
150 gram
Tepung terigu
150 gram
Baking powder
1 sendok teh
Margarin
50 gram
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Cara Membuat Bolu Panggang Sederhana

1. Siapkan loyang dan oven

Pertama-tama, siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang bolu. Olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius.

2. Kocok telur dan gula pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih. Aduk perlahan agar tidak ada yang terlewat.

3. Tambahkan margarin

Tambahkan margarin yang telah dilelehkan ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk perlahan hingga tercampur rata. Jika ingin memakai pewarna makanan, tambahkan sekarang.

4. Campurkan tepung terigu dan baking powder

Campurkan tepung terigu dan baking powder. Ayak campuran tersebut ke dalam adonan telur sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Pastikan tidak ada gumpalan tepung.

5. Panggang dalam oven

Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan dengan sendok. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30-40 menit atau hingga matang. Untuk memastikan bolu matang, tusuk-tusuk dengan garpu dan jika tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saklar Sederhana

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apakah bisa mengganti margarin dengan mentega?

Bisa, namun margarin lebih disarankan karena memiliki kandungan air yang lebih rendah sehingga hasil bolu akan lebih lembut dan moist.

2. Bolehkah tidak memakai baking powder?

Tidak bisa, baking powder berfungsi untuk memberikan tekstur yang lebih ringan pada bolu. Jika tidak memakai baking powder, bolu akan terasa padat dan keras.

3. Apakah pewarna makanan wajib digunakan?

Tidak wajib, pewarna makanan hanya digunakan untuk memberikan warna pada bolu. Jika tidak ingin memakai pewarna makanan, bolu tetap bisa dibuat dengan cara yang sama.

Penutup

Itulah cara membuat bolu panggang sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Jangan lupa untuk mencoba variasi rasa dan bentuk yang berbeda agar lebih menarik. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Bolu Panggang Sederhana