Cara Buat Bolu Pandan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kembali lagi dengan saya, kali ini kita akan belajar cara membuat bolu pandan sederhana yang pasti enak dan lezat. Bolu pandan adalah salah satu kue khas Indonesia yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, bolu pandan juga memiliki aroma yang khas dan menenangkan.

Sejarah Bolu Pandan

Sejarah bolu pandan sebenarnya tidak terlalu jelas, namun banyak yang mengatakan bahwa bolu pandan berasal dari daerah Jawa Tengah. Awalnya, bolu pandan hanya dibuat untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya. Namun, kini bolu pandan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dan menjadi salah satu kue favorit masyarakat Indonesia.

Kenapa Harus Membuat Bolu Pandan Sederhana?

Buat yang belum tahu nih, bolu pandan sudah menjadi kue yang populer di Indonesia dan banyak orang yang mencarinya. Tetapi ada banyak resep dan cara membuat bolu pandan yang rumit dan memakan waktu. Namun jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberikan resep dan cara membuat bolu pandan sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Bahan-bahan

Jenis Bahan
Jumlah Bahan
Tepung Terigu
250 gr
Gula Pasir
200 gr
Minyak Goreng
100 ml
Telur Ayam
4 butir
Pandan Suji
secukupnya
Pewarna Hijau (opsional)
secukupnya
Baking Powder
1 sdt
Salt
1/2 sdt

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Pastikan semua bahan dalam keadaan terukur dan siap digunakan. Pisahkan putih telur dan kuning telur ke dalam dua wadah yang berbeda.

2. Mixer Putih Telur

Setelah itu, mixer putih telur sampai mengembang dan berubah warna menjadi putih. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit dan mixer lagi sampai adonan menjadi kaku.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pertanian Penyiap Padi Sederhana

3. Mixer Kuning Telur

Mixer kuning telur dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Tambahkan minyak goreng dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga semuanya tercampur merata.

4. Aduk Campuran Kuning Telur dan Putih Telur

Setelah campuran kuning telur dan putih telur tercampur rata, tambahkan pewarna hijau (jika ingin warna yang lebih cerah). Aduk kembali secara perlahan dan rata hingga adonan tercampur merata.

5. Panggang Adonan Bolu Pandan Sederhana

Setelah adonan tercampur rata, olesi loyang dengan sedikit minyak. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan. Panggang di dalam oven selama sekitar 30-35 menit dengan suhu 180°C. Setelah itu, bolu pandan sederhana siap dihidangkan.

FAQ

1. Apakah Bolu Pandan Sederhana Ini Enak?

Tentu saja! Bolu pandan sederhana ini sangat enak dan lezat. Rasanya yang manis dan aroma pandan yang khas akan membuat kamu ketagihan. Selain itu, cara membuatnya yang mudah membuat bolu pandan sederhana ini cocok untuk pemula yang ingin mencoba membuat kue sendiri.

2. Apakah Saya Harus Menggunakan Pewarna Hijau?

Tidak harus. Jika kamu tidak ingin menggunakan pewarna hijau, kamu bisa meninggalkannya. Namun, pewarna hijau dapat memberikan warna yang lebih cerah pada bolu pandan sederhana. Jadi, menggunakan atau tidak tergantung pada preferensi kamu.

3. Apakah Bolu Pandan Sederhana Ini Tahan Lama?

Secara umum, bolu pandan sederhana ini bisa bertahan selama 2-3 hari di dalam kulkas. Untuk menjaga kelembapan dan kelezatannya, simpan di dalam wadah tertutup dan jangan lupa untuk memasukkan plastik wrap agar tetap segar.

Kesimpulan

Itulah cara membuat bolu pandan sederhana yang enak dan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat bolu pandan sederhana yang lezat dan cocok untuk disajikan di berbagai acara. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Organ Pernapasan Sederhana pada Manusia

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Bolu Pandan Sederhana