Cara Buat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Telur

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat bolu kukus yang sederhana namun tetap enak tanpa menggunakan telur. Tak perlu khawatir, bahan-bahannya mudah didapat dan cara pembuatannya pun tidak sulit. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
150 gram
Baking powder
1 sendok teh
Soda kue
1/2 sendok teh
Pati jagung
1 sendok makan
Air
250 ml
Margarin
50 gram
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Untuk bahan-bahan di atas, pastikan memilih bahan yang berkualitas agar hasilnya pun maksimal.

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah membuat bolu kukus sederhana tanpa telur:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan di atas.

2. Langsung Campur Semua Bahan

Selanjutnya, campurkan semua bahan ke dalam satu wadah dan aduk hingga bahan tercampur rata. Pastikan adonan hingga tidak menggumpal dan terasa lembut.

3. Tuang Adonan ke dalam Loyang

Setelah adonan tercampur dengan sempurna, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin atau dioles dengan minyak goreng agar tidak lengket. Pastikan loyang yang dipilih sesuai dengan banyaknya adonan yang dibuat. Kalau perlu, gunakan loyang yang sama jika adonan tidak cukup.

4. Kukus Adonan

Setelah adonan diletakkan di dalam loyang, kukus adonan selama kurang lebih 25-30 menit. Pastikan kukusan telah dipanaskan sebelum adonan diletakan di dalam kukusan agar proses pembuatan bolu kukus dapat berjalan lancar. Untuk mengetahui apakah bolu kukus telah matang, gunakan tusuk gigi atau lidi dan tusuk bolu. Jika lidi atau tusuk gigi tersebut keluar bersih, artinya bolu kukus sudah matang dan siap dihidangkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tabung Kedap Udara Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Bolu Kukus Sederhana Tanpa Telur Ini Aman untuk Dikonsumsi?

Tentu saja! Karena bolu kukus sederhana tanpa telur ini dibuat dari bahan-bahan yang aman dan sehat. Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas agar hasilnya pun maksimal.

2. Apakah Bolu Kukus Ini Cocok untuk Orang yang Menjalankan Diet?

Bolu kukus sederhana tanpa telur ini cocok untuk orang yang menjalankan diet karena tidak mengandung telur dan lemak yang berlebih. Namun, pastikan tak mengonsumsi dalam jumlah berlebihan.

3. Apakah Bahan-Bahan Tersebut Mudah Didapat?

Ya, bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat di pasar atau toko-toko terdekat. Pastikan untuk memilih bahan yang berkualitas.

4. Bisakah Bolu Kukus Ini Dikreasikan?

Tentu saja! Bolu kukus sederhana tanpa telur ini bisa dikreasikan dengan menambahkan topping seperti buah-buahan, krim, atau coklat cair di atasnya.

5. Bisakah Bolu Kukus Ini Disimpan Untuk Beberapa Hari?

Ya, bolu kukus dapat disimpan selama beberapa hari di dalam kulkas asalkan disimpan dalam wadah tertutup rapat agar tidak cepat basi.

Kesimpulan

Itulah cara membuat bolu kukus sederhana tanpa telur yang dapat Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Masakan sederhana namun tetap enak ini cocok untuk dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Telur