Cara Buat Blower Dapur Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat blower dapur sederhana. Blower dapur sangat berguna untuk mengeluarkan asap dan bau yang dihasilkan saat memasak. Namun, terkadang harga blower dapur di pasaran cukup mahal. Oleh karena itu, kita bisa membuat blower dapur sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan blower dapur, Sobat Sederhana perlu menyiapkan alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
1. Tang potong
1. Motor DC kecil
2. Obeng
2. Sepasang baling-baling kipas
3. Kabel listrik
3. Plastik bekas
4. Kipas angin kecil
5. Kain saring
6. Sekrup

Langkah-langkah Membuat Blower Dapur

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat blower dapur sederhana:

Langkah 1: Potong Plastik Bekas

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus memotong plastik bekas menjadi dua bagian, bagian atas dan bawah. Potong dengan ukuran yang sama, agar bisa dipasangkan nanti.

Langkah 2: Pasang Motor DC Kecil

Setelah itu, pasang motor DC kecil ke dalam bagian bawah plastik bekas dengan menggunakan sekrup. Pastikan motor terpasang dengan kuat dan tidak goyah.

Langkah 3: Pasang Kipas Baling-baling

Pasang sepasang baling-baling kipas pada poros motor yang sudah dipasang sebelumnya. Pastikan kipas terpasang dengan kuat dan tegak lurus.

Langkah 4: Pasang Kipas Angin Kecil

Setelah itu, pasang kipas angin kecil pada poros kipas baling-baling. Pastikan kipas angin terpasang dengan kuat dan tegak lurus.

Langkah 5: Pasang Kain Saring

Selanjutnya, pasang kain saring pada bagian atas plastik bekas yang sudah dipotong. Pastikan kain saring menutupi seluruh bagian atas plastik bekas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Leker Teflon Sederhana

Langkah 6: Pasang Motor dan Kabel

Setelah itu, pasang motor dan kabel pada bagian bawah plastik bekas yang sudah dipasang kipas baling-baling dan kipas angin kecil. Jangan lupa untuk menutupi semua kabel dengan isolasi agar aman digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa fungsi dari blower dapur?

Blower dapur berfungsi untuk mengeluarkan asap dan bau yang dihasilkan saat memasak.

2. Apakah semua bahan untuk membuat blower dapur mudah didapatkan?

Iya, semua bahan untuk membuat blower dapur mudah didapatkan di sekitar kita.

3. Apakah blower dapur sederhana bisa digunakan untuk dapur yang besar?

Blower dapur sederhana yang dibuat sendiri memang kurang kuat dibandingkan dengan blower dapur yang dijual di pasaran. Namun, blower dapur sederhana ini tetap bisa digunakan untuk dapur yang tidak terlalu besar.

Kesimpulan

Itulah cara membuat blower dapur sederhana yang bisa Sobat Sederhana lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba! Jika ada pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Blower Dapur Sederhana