Cara Buat Bakso Ayam Enak Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Bagi kalian yang doyan makan bakso, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis bakso yang paling populer di Indonesia, yaitu bakso ayam. Bakso ayam memiliki cita rasa yang lebih ringan dan sehat dibandingkan dengan bakso sapi, sehingga banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi bakso ayam sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan. Namun, tahukah Sobat Sederhana bahwa membuat bakso ayam sendiri di rumah ternyata sangat mudah dan menyenangkan? Yuk, simak cara lengkapnya di bawah ini!

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses membuat bakso ayam, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakso ayam enak sederhana ini terdiri dari:

Bahan-Bahan
Jumlah
Daging Ayam Giling
500 gram
Tepung Tapioka
150 gram
Putih Telur
2 butir
Bawang Putih cincang
3 siung
Bawang Merah cincang
2 siung
Garam
1 sendok teh
Kaldu Ayam Bubuk
1 sendok teh
Air Es
150 ml

Pastikan bahan-bahan sudah diukur dan dipersiapkan dengan baik sebelum mulai membuat bakso ayam.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Setelah semua bahan-bahan sudah siap, masukkan semua bahan ke dalam wadah yang besar. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan tangan sampai tercampur rata. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Jika terlalu lembek, tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Jika terlalu keras, tambahkan air es sedikit demi sedikit.

3. Aduk Adonan

Selanjutnya, aduk adonan secara terus-menerus dengan menggunakan tangan atau sendok besar sampai adonan menjadi kenyal dan mudah dibentuk. Aduk adonan searah agar tekstur adonan menjadi lebih merata.

TRENDING 🔥  Cara membuat smoke bomb flare sederhana tanpa kno3

4. Bentuk Adonan Menjadi Bulat

Setelah adonan sudah berkonsistensi yang tepat, ambil sedikit adonan dan bulatkan menggunakan tangan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

5. Didihkan Air

Setelah semua adonan sudah dibentuk menjadi bulat-bulat kecil, siapkan panci besar dan didihkan air di dalamnya. Pastikan panci cukup besar dan isi air dengan cukup banyak, sehingga bakso ayam bisa terendam dengan baik di dalam air yang mendidih.

6. Masukkan Bakso Ayam ke dalam Air Mendidih

Setelah air sudah mendidih, masukkan bakso ayam ke dalam air secara perlahan-lahan. Jangan terlalu banyak memasukkan bakso ayam sekaligus, karena dapat membuat bakso ayam tidak matang dengan sempurna. Tunggu hingga bakso ayam mengapung di atas air dan matang dengan baik.

7. Tiriskan Bakso Ayam

Setelah bakso ayam sudah matang, angkat bakso ayam menggunakan saringan dan tiriskan hingga airnya benar-benar habis.

8. Bakso Ayam Enak Sederhana Siap Disajikan!

Setelah bakso ayam sudah ditiriskan, bakso ayam siap disajikan dengan pelengkap yang kalian inginkan. Misalnya, bisa ditambahkan kuah kaldu ayam, mie, atau sayuran. Selamat menikmati!

FAQ

1. Apakah daging ayam giling bisa diganti dengan daging ayam mentah?

Tentu saja bisa. Namun, menggunakan daging ayam giling bisa mempermudah proses pembuatan bakso ayam, sehingga bakso ayam bisa lebih cepat matang dan teksturnya lebih halus.

2. Apakah tepung tapioka bisa diganti dengan tepung maizena?

Tidak. Tepung tapioka dan tepung maizena memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga mengganti salah satunya dapat mempengaruhi kualitas bakso ayam.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat bakso ayam enak sederhana ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat bakso ayam enak sederhana ini sekitar 1-2 jam tergantung dari kecepatan memasak dan jumlah adonan yang ingin dibuat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sketsa Rumah Sederhana Menggunakan Microsoft Viaio 2007

4. Bisakah bakso ayam disimpan dalam freezer?

Tentu saja bisa. Bakso ayam bisa disimpan dalam freezer selama beberapa minggu. Namun, pastikan bakso ayam sudah dibungkus dengan baik dan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkena udara bebas.

5. Apa saja pelengkap yang bisa digunakan untuk menyajikan bakso ayam?

Bakso ayam bisa disajikan dengan pelengkap yang bervariasi, seperti kuah kaldu ayam, mie, sayuran seperti kol, daun bawang, atau juga saus sambal.

Penutup

Itulah tadi cara lengkap membuat bakso ayam enak sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa menikmati bakso ayam yang enak, sehat, dan tentunya lebih hemat harganya daripada membeli di luar. Jangan lupa berbagi pengalaman dan kesan kalian membuat bakso ayam enak sederhana ini di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Bakso Ayam Enak Sederhana