Cara Buat Ayam Kentucky Sederhana

Salam hangat Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat ayam Kentucky sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Siapa sih yang tidak suka dengan ayam Kentucky yang renyah dan lezat ini? Tapi terkadang, untuk membeli ayam tersebut di restoran, harganya bisa cukup mahal dan tidak terjangkau oleh semua orang. Maka, lebih baik kita mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara yang sederhana.

Bahan-Bahan untuk Ayam Kentucky Sederhana

Sebelum memulai proses pembuatan ayam Kentucky, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu perlukan:

Bahan
Jumlah
Ayam
1 ekor, potong menjadi 10 bagian
Tepung terigu
200 gram
Tepung jagung
50 gram
Tepung beras
50 gram
Bawang putih bubuk
1 sendok teh
Bawang merah bubuk
1 sendok teh
Lada bubuk
1/2 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Kaldu ayam bubuk
1 sendok teh
Susu bubuk
1 sendok teh
Telur
2 butir, kocok lepas
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Ayam Kentucky Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ayam Kentucky sederhana:

1. Campurkan Tepung Terigu, Tepung Jagung, dan Tepung Beras

Campurkan tepung terigu, tepung jagung, dan tepung beras dalam sebuah wadah. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan Bumbu

Tambahkan bawang putih bubuk, bawang merah bubuk, lada bubuk, garam, kaldu ayam bubuk, dan susu bubuk ke dalam campuran tepung. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata.

3. Celupkan Ayam ke dalam Telur

Celupkan potongan ayam ke dalam telur yang sudah dikocok lepas hingga seluruh permukaannya terlapisi oleh telur.

4. Balurkan Ayam ke dalam Campuran Tepung

Setelah itu, balurkan potongan ayam ke dalam campuran tepung dengan bumbu yang sudah disiapkan tadi. Pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi oleh campuran tepung.

TRENDING 🔥  Cara Membungkus Kado Sederhana Tapi Cantik

5. Goreng Ayam

Goreng ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apakah Bisa Menggunakan Tepung yang Berbeda?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan jenis tepung yang berbeda-beda sesuai dengan preferensimu. Namun, pastikan tetap menggunakan proporsi yang sama agar rasanya tetap enak.

2. Bagaimana Agar Ayam Tidak Berminyak?

Agar ayam tidak berminyak, pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan ayam ke dalamnya. Selain itu, pastikan juga ayam sudah dikocok lepas dengan telur dengan baik sehingga campuran tepung dapat menempel dengan baik pada ayam.

3. Berapa Lama Ayam Harus Digoreng?

Waktu yang ideal untuk menggoreng ayam adalah sekitar 8-10 menit. Namun, pastikan untuk memantau ayam secara terus menerus agar tidak gosong atau kelewat matang.

Penutup

Itulah tadi cara membuat ayam Kentucky sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, kamu dapat membuat ayam Kentucky yang renyah dan lezat tanpa harus keluar rumah atau menghabiskan banyak uang. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Ayam Kentucky Sederhana