Cara Buat Aplikasi Sederhana Phyton

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu sudah pernah mendengar bahasa pemrograman Python? Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer saat ini, karena memudahkan penggunanya untuk membuat aplikasi dengan cepat dan mudah. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat aplikasi sederhana di Phyton untuk membantu kamu memulai untuk belajar pemrograman. Mari kita mulai!

Pendahuluan

Sebelum memulai pembuatan aplikasi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah memiliki instalasi Python di komputermu. Jika belum, kamu dapat mengunduh dan menginstalnya dari website resmi Python. Setelah instalasi berhasil, coba jalankan Python dari terminal/konsol.

Struktur Dasar Aplikasi Python

Setiap aplikasi Python memiliki struktur dasar yakni menggunakan sebuah file dengan ekstensi .py (Python file). Pada file tersebut kamu dapat menuliskan kode-kode program Python. Sebagai contoh program Python sederhana, kamu dapat membuat aplikasi sederhana untuk mencetak kata ‘Hello World’ di layar.

print("Hello World")

Setelah kamu menulis kode di atas pada file script.py, kamu dapat menjalankannya dengan mencoba menjalankan file tersebut pada terminal/konsol seperti ini :

python script.py

Tipe Data di Python

Sebelum kita melanjutkan ke tahap selanjutnya, kita perlu mengenal beberapa tipe data di Python yang sering digunakan, yakni :

Nama Tipe Data
Keterangan
Contoh
Integer
Tipe data bilangan bulat
1, 2, 3, 4, 5
Float
Tipe data bilangan desimal
3.14, 2.5, 1.2
String
Tipe data teks
‘Hello’, ‘World’, ‘Python’
List
Tipe data pengelompokkan data dalam satu variabel
[1, 2, 3, 4, 5]

Hal ini sangat penting untuk dipahami agar kamu dapat memahami kode program yang akan kamu buat nantinya.

TRENDING 🔥  Cara Web Crawling Sederhana untuk Sobat Sederhana

Membuat Aplikasi Sederhana

Membuat Program Sederhana

Setelah kamu memahami dasar-dasar Python, sekarang waktunya untuk membuat aplikasi sederhana untuk menghitung luas segitiga. Kamu dapat menggunakan formula sebagai berikut :

luas = 0.5 * alas * tinggi

Untuk membuat aplikasi sederhana, kamu bisa membuat kode program sebagai berikut :

alas = float(input("Masukkan alas : "))tinggi = float(input("Masukkan tinggi : "))luas = 0.5 * alas * tinggiprint("Luas segitiga adalah :", luas)

Dalam kode program di atas, kamu meminta pengguna untuk memasukkan nilai alas dan tinggi segitiga. Setelah itu, kamu menghitung luas segitiga dengan rumus yang telah dijelaskan. Terakhir, kamu mencetak hasil perhitungan luas segitiga pada layar.

Menerapkan OOP di Phyton

Phyton juga mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek (OOP). Dalam OOP, kamu dapat membuat kelas yang berisi atribut dan method. Sebagai contoh, kamu dapat membuat kelas segitiga sebagai berikut :

class Segitiga:def __init__(self, alas, tinggi):self.alas = alasself.tinggi = tinggidef hitung_luas(self):return 0.5 * self.alas * self.tinggisegitiga1 = Segitiga(10, 5)print("Luas segitiga :", segitiga1.hitung_luas())

Dalam kode program di atas, kamu membuat kelas Segitiga yang memiliki atribut alas dan tinggi. Kemudian, kamu membuat sebuah method bernama hitung_luas() yang digunakan untuk menghitung luas segitiga. Terakhir, kamu membuat objek segitiga1 dari kelas Segitiga dan mencetak hasil perhitungan luas segitiga.

FAQ

Apakah Python sulit dipelajari?

Python merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami karena memiliki sintaks yang mudah dibaca dan dipelajari. Bahkan bagi pemula sekalipun, Python mudah dipelajari.

Apakah Python hanya digunakan untuk pemrograman web?

Tidak, Python dapat digunakan untuk berbagai macam bidang seperti pemrograman desktop, pengembangan game, ilmu data, dan lain-lain.

Apakah Python open-source?

Ya, Python merupakan bahasa pemrograman open-source yang mengizinkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakannya secara gratis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Selenoid Sederhana

Apakah Python dapat digunakan untuk pemrograman mobile?

Tidak langsung, Python sendiri tidak dapat digunakan untuk pemrograman mobile. Namun, terdapat pihak ketiga yang menyediakan framework untuk membuat aplikasi mobile dengan Python seperti Kivy dan BeeWare.

Apakah Python cocok untuk membuat game?

Ya, Python dapat digunakan untuk membuat game dengan bantuan library-game yang telah disediakan oleh Python seperti Pygame, Panda3D, Arcade, dan lain-lain.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara membuat aplikasi sederhana di Phyton. Kami juga telah membahas tentang struktur dasar aplikasi Python, tipe data di Python, serta contoh penggunaan OOP di Phyton. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kamu memulai belajar pemrograman dengan Python. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Aplikasi Sederhana Phyton