Cara Buat Aplikasi Input Data Sederhana dengan PHP

Hello Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat aplikasi input data sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan menginput data, sehingga tidak perlu lagi melakukan secara manual. Mari kita simak langkah-langkahnya!

Persiapan

Sebelum memulai, pastikan sudah menginstall aplikasi XAMPP atau sejenisnya pada komputer yang akan digunakan. XAMPP berfungsi sebagai server lokal untuk menjalankan script PHP pada komputer. Selain itu, pastikan juga sudah memiliki teks editor seperti Notepad++ atau Sublime Text untuk membuat script PHP.

Langkah 1: Membuat Database

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat database pada MySQL. Buka aplikasi XAMPP, lalu klik tombol ‘start’ untuk memulai Apache dan MySQL. Selanjutnya, buka browser dan ketikkan ‘localhost/phpmyadmin’ pada URL. Buatlah database baru dengan nama ‘data_sederhana’, lalu buat tabel dengan nama ‘input_data’ dan kolom-kolom yang diperlukan.

Nama Kolom
Tipe Data
ID
Int(11)
Nama
Varchar(50)
Email
Varchar(50)
Alamat
Text

Pada kolom ID, set sebagai primary key dan auto increment.

Langkah 2: Membuat Formulir

Setelah database sudah dibuat, selanjutnya buatlah formulir untuk menginputkan data. Buat file baru dengan ekstensi .php, misalnya ‘input_data.php’. Kemudian, buatlah form HTML dengan menggunakan tag

dan . Pastikan action form mengarah ke file ‘proses_input.php’.

Langkah 3: Memproses Input Data

Pada file ‘proses_input.php’, buatlah script PHP untuk memproses input data dari formulir. Lakukan validasi data terlebih dahulu agar data yang diinputkan benar dan sesuai format yang diinginkan. Setelah itu, lakukan query untuk memasukkan data ke dalam tabel input_data pada database. Jangan lupa untuk menutup koneksi setelah selesai.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengetahui Sakit Ginjal

Langkah 4: Menampilkan Data

Setelah data sudah berhasil diinputkan, selanjutnya buatlah halaman untuk menampilkan data input. Buat file baru dengan nama ‘tampil_data.php’, kemudian buat script PHP untuk mengambil data dari tabel input_data. Lakukan query SELECT untuk mengambil semua data pada tabel, lalu tampilkan data tersebut dengan menggunakan perulangan while dan tag HTML.

Langkah 5: Menambahkan CSS

Agar tampilan lebih menarik, tambahkan CSS pada halaman yang telah dibuat. Buat file baru dengan nama ‘style.css’, lalu definisikan style untuk tag HTML yang digunakan pada halaman PHP. Link stylesheet ke dalam file PHP dengan menggunakan tag pada section head.

FAQ

1. Apa itu XAMPP dan kenapa harus menggunakan XAMPP?

XAMPP adalah aplikasi yang berfungsi sebagai server lokal untuk menjalankan script PHP pada komputer. Dengan XAMPP, kita dapat menjalankan aplikasi PHP tanpa perlu koneksi internet. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan website atau aplikasi tanpa harus terhubung dengan internet.

2. Apa itu MySQL dan kenapa harus menggunakan MySQL?

MySQL adalah aplikasi database yang berfungsi untuk menyimpan data ke dalam tabel-tabel. Dalam membuat aplikasi input data sederhana, kita membutuhkan database untuk menyimpan data yang diinputkan oleh user. MySQL adalah salah satu aplikasi database yang paling populer dan mudah digunakan.

3. Apa yang dimaksud dengan formulir pada langkah 2?

Formulir adalah bagian dari website yang berisi inputan data yang dimasukkan oleh user. Pada aplikasi input data sederhana, formulir digunakan untuk memudahkan user dalam menginputkan data ke dalam database.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Aplikasi Input Data Sederhana dengan PHP