Cara Buat Alat Oksigen Concentrator Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apakah kamu atau keluarga kamu membutuhkan alat oksigen concentrator? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas cara membuat alat oksigen concentrator sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu Alat Oksigen Concentrator?

Sebelum membahas tentang cara membuat alat oksigen concentrator sederhana, mari kita pahami dulu apa itu alat oksigen concentrator. Alat oksigen concentrator adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan oksigen dari udara sekitar. Alat ini sangat dibutuhkan oleh orang yang mengalami gangguan pernapasan atau yang membutuhkan oksigen tambahan untuk bernapas.

Alat oksigen concentrator biasanya digunakan di rumah sakit atau klinik, namun karena harganya yang mahal, banyak orang yang mencari cara membuat alat oksigen concentrator sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat alat oksigen concentrator sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu siapkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
Blower
Tabung alumunium
Filter
Setrip silikon
Penjepit kabel
Flowmeter
Amperemeter
Tabung soda kue
Pipa PVC
Segel

Langkah-Langkah Membuat Alat Oksigen Concentrator Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah membuat alat oksigen concentrator sederhana:

1. Memasukkan Bahan ke Dalam Tabung

Langkah pertama adalah memasukkan bahan-bahan yang sudah disiapkan ke dalam tabung alumunium. Letakkan tabung di posisi vertikal dan masukkan sedikit setrip silikon untuk menghindari gelembung udara.

2. Memasang Blower dan Filter

Pasang blower di ujung atas tabung alumunium dan pasang filter di ujung bawah tabung alumunium. Pastikan blower dan filter terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Batik Tulis Sederhana

3. Menambahkan Flowmeter

Tambahkan flowmeter pada pipa PVC yang akan digunakan untuk mengatur aliran oksigen. Pasang flowmeter di salah satu sisi pipa PVC. Pastikan flowmeter terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

4. Menambahkan Amperemeter

Tambahkan amperemeter pada sisi lain dari pipa PVC. Amperemeter digunakan untuk mengukur arus listrik yang digunakan oleh blower. Pastikan amperemeter terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

5. Menambahkan Tabung Soda Kue

Tambahkan tabung soda kue pada ujung pipa PVC yang berada di atas flowmeter. Tabung soda kue digunakan untuk menghasilkan oksigen. Pastikan tabung soda kue terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Cara Menggunakan Alat Oksigen Concentrator Sederhana

Setelah selesai membuat alat oksigen concentrator sederhana, kamu bisa langsung menggunakannya. Berikut adalah cara menggunakan alat oksigen concentrator sederhana:

1. Pasang Alat

Pasang alat oksigen concentrator sederhana yang sudah dibuat ke dalam ruangan yang cukup besar dan tidak pengap. Pastikan alat terpasang dengan kuat dan tidak mudah bergeser.

2. Nyalakan Blower

Nyalakan blower dengan menekan tombol on/off yang sudah disediakan. Amperemeter akan menunjukkan arus listrik yang digunakan oleh blower.

3. Atur Aliran Oksigen

Atur aliran oksigen dengan memutar flowmeter. Pastikan aliran oksigen yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan.

FAQ

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan seputar cara membuat alat oksigen concentrator sederhana:

1. Apakah Alat Oksigen Concentrator Sederhana Efektif?

Alat oksigen concentrator sederhana bisa efektif jika dibuat dengan benar dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Namun, alat ini tidak bisa sama efektifnya dengan alat oksigen concentrator yang digunakan di rumah sakit atau klinik.

2. Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Membuat Alat Oksigen Concentrator Sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat alat oksigen concentrator sederhana tergantung pada jenis dan kualitas bahan yang digunakan. Namun, secara umum biaya yang dibutuhkan untuk membuat alat ini cukup terjangkau.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mentransfer Data ke iPhone

3. Apakah Alat Oksigen Concentrator Sederhana Aman Digunakan?

Alat oksigen concentrator sederhana aman digunakan jika dibuat dengan benar dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Namun, karena alat ini dibuat secara mandiri, risiko kecelakaan yang terjadi akibat kesalahan dalam pembuatan bisa terjadi.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah cara membuat alat oksigen concentrator sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah, Sobat Sederhana. Jangan lupa untuk memeriksa alat ini secara berkala untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Alat Oksigen Concentrator Sederhana untuk Sobat Sederhana