Cara Buat Alat Komunikasi 2 Arah Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kita semua pasti sepakat bahwa komunikasi adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa komunikasi, kita tidak akan bisa berinteraksi dengan orang lain. Namun, terkadang kita membutuhkan alat komunikasi yang sederhana untuk berkomunikasi dengan orang lain, terutama dalam jarak yang dekat. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat alat komunikasi 2 arah sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Sebelum mulai membuat alat komunikasi 2 arah sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan dan alat yang perlu disiapkan:

Bahan
Alat
2 buah kaleng
Solder
Kawat tembaga
Pisau
Headphone atau speaker mini
Penggaris
Baterai 9 volt
Obeng
2 buah sekrup kecil
Pensil

2. Membuat Lubang pada Kaleng

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat lubang pada kaleng yang akan digunakan sebagai alat komunikasi. Lubang tersebut nantinya akan digunakan untuk memasang kawat tembaga. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Menandai Titik Pemasangan Kawat Tembaga

Pertama-tama, ambil satu kaleng dan tandai titik pemasangan kawat tembaga di tengah kaleng menggunakan pensil. Kemudian, ulangi langkah yang sama pada kaleng yang lain.

b. Membuat Lubang dengan Pisau

Setelah menandai titik pemasangan kawat tembaga, ambil pisau dan buatlah lubang kecil pada titik tersebut. Lubang tersebut nantinya digunakan untuk memasang kawat tembaga.

c. Menghaluskan Lubang dengan Penggaris

Setelah berhasil membuat lubang, gunakan penggaris untuk menghaluskan sisi-sisi lubang tersebut. Hal ini dilakukan agar kawat yang dipasang tidak mudah lepas atau terputus.

d. Memasang Kawat Tembaga

Setelah lubang pada kedua kaleng sudah dibuat, pasanglah kawat tembaga pada kedua lubang tersebut. Pastikan kawat tembaga terpasang dengan kuat pada kedua kaleng.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Sambal Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Memasang Headphone atau Speaker Mini

Setelah kawat tembaga terpasang dengan baik pada kedua kaleng, selanjutnya kamu perlu memasang headphone atau speaker mini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Membuka Headphone atau Speaker Mini

Pertama-tama, buka headphone atau speaker mini yang akan digunakan. Pastikan kamu bisa melihat kabel dan terminal pada headphone atau speaker mini tersebut.

b. Membuka Kabel Headphone atau Speaker Mini

Setelah headphone atau speaker mini terbuka, kamu perlu membuka kabel headphone atau speaker mini tersebut. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak kabelnya.

c. Menghubungkan Kawat Tembaga dengan Terminal Headphone atau Speaker Mini

Setelah kabel terbuka, hubungkan kawat tembaga yang sudah terpasang pada kaleng dengan terminal pada headphone atau speaker mini. Pastikan hubungan antara kawat tembaga dan terminal pada headphone atau speaker mini cukup kuat.

d. Memasang Speaker Mini pada Kaleng

Setelah kawat tembaga sudah terhubung dengan terminal pada headphone atau speaker mini, selanjutnya kamu perlu memasang speaker mini pada kaleng. Pasanglah speaker mini pada salah satu kaleng dan pastikan sudah terhubung dengan kawat tembaga dengan kuat.

4. Memasang Baterai dan Sekrup

Setelah semua komponen sudah terpasang dengan baik, kamu perlu memasang baterai dan sekrup pada kedua kaleng. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Memasang Baterai pada Kaleng

Pertama-tama, pasanglah baterai 9 volt pada salah satu kaleng. Pasanglah dengan hati-hati agar baterai tidak rusak.

b. Menghubungkan Baterai dengan Kawat Tembaga

Setelah baterai terpasang, hubungkanlah kawat tembaga pada kaleng yang satu dengan kawat tembaga pada kaleng yang lain. Pastikan hubungan antara kawat tembaga cukup kuat.

c. Memasang Sekrup pada Kaleng

Setelah semua komponen terpasang, pasanglah sekrup kecil pada kaleng sebagai pengaman agar alat tidak mudah rusak. Pasanglah sekrup pada kedua kaleng.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Merawat Waja

5. Menggunakan Alat Komunikasi 2 Arah Sederhana

Setelah alat selesai dibuat, kamu bisa langsung menggunakan alat komunikasi 2 arah sederhana tersebut. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menaruh kedua kaleng pada telinga dan mulai berbicara dengan orang yang berada di sisi lain. Pastikan kamu dan orang yang kamu ajak bicara berada dalam jarak yang dekat agar komunikasi bisa berjalan dengan baik.

FAQ

1. Bisakah Alat Komunikasi 2 Arah Sederhana Ini Digunakan di Luar Ruangan?

Iya, alat komunikasi 2 arah sederhana ini bisa digunakan di luar ruangan. Namun, pastikan kamu dan orang yang kamu ajak bicara tidak terlalu jauh dan tidak terhalang oleh hambatan seperti pohon atau gedung.

2. Berapa Jarak Maksimal yang Dapat Ditempuh oleh Alat Komunikasi 2 Arah Sederhana Ini?

Jarak maksimal yang dapat ditempuh oleh alat komunikasi 2 arah sederhana ini tergantung pada kualitas kawat tembaga dan speaker mini yang digunakan. Namun, sebaiknya alat ini hanya digunakan untuk berkomunikasi dalam jarak yang dekat saja.

3. Apakah Alat Komunikasi 2 Arah Sederhana Ini Aman Digunakan?

Iya, alat komunikasi 2 arah sederhana ini aman digunakan. Namun, pastikan kamu menggunakan baterai dengan benar dan tidak merusak kawat tembaga yang terpasang pada kedua kaleng.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Buat Alat Komunikasi 2 Arah Sederhana