Cara Buat Adonan Pancake Sederhana

Halo, Sobat Sederhana! Apakah kalian tahu cara membuat adonan pancake yang sederhana? Pancake adalah salah satu jenis kue yang sangat digemari di seluruh dunia. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, susu, telur, gula, dan baking powder. Nah, kali ini saya akan berbagi cara membuat adonan pancake sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Yuk, simak panduan lengkapnya berikut ini.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat adonan pancake, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Susu cair
200 ml
Telur ayam
2 butir
Gula pasir
2 sendok makan
Baking powder
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Minyak sayur
3 sendok makan

Pastikan semua bahan dalam keadaan suhu ruang, jangan terlalu dingin atau terlalu panas agar adonan pancake bisa tercampur dengan baik.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Setelah semua bahan siap, campurkan tepung terigu, baking powder, gula pasir, dan garam ke dalam wadah besar. Aduk rata menggunakan saringan agar tidak ada gumpalan. Selanjutnya, buat lubang di tengah-tengah campuran tepung tersebut dan masukkan telur ayam.

Kocok telur ayam menggunakan garpu hingga tercampur rata dengan tepung. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit sambil terus diaduk agar adonan tidak menggumpal. Terakhir, tambahkan minyak sayur ke dalam adonan pancake dan aduk rata kembali.

3. Diamkan Adonan

Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 10-15 menit agar tepung bisa menyerap cairan dengan baik. Diamkan adonan di dalam wadah yang ditutup rapat agar tidak terkontaminasi oleh udara.

4. Panaskan Wajan

Selagi menunggu adonan pancake, panaskan wajan anti lengket di atas kompor dengan api sedang. Pastikan wajan benar-benar panas sebelum mulai menggoreng pancake agar tidak menempel pada wajan.

TRENDING 🔥  Coding Aplikasi Sederhana Menggunakan Eclipse Beserta Cara Membuat

5. Goreng Adonan

Sesudah wajan panas, ambil satu sendok sayur adonan pancake dan tuangkan di atas wajan. Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera. Tunggu hingga adonan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil di atasnya dan bagian sisi bawahnya berwarna kecoklatan, lalu balikkan pancake menggunakan spatula dan goreng hingga matang.

Ulangi langkah ini hingga semua adonan pancake habis. Jangan lupa mengoleskan sedikit mentega atau margarin di atas pancake sebelum disajikan.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apakah adonan pancake bisa disimpan di dalam kulkas?

Ya, adonan pancake bisa disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Simpan adonan dalam wadah tertutup rapat agar tidak terkontaminasi oleh udara. Sebelum digunakan, diamkan adonan selama beberapa menit pada suhu ruang agar adonan tidak terlalu dingin.

2. Bisa ga kita tambahkan bahan lain seperti coklat chip atau buah-buahan di dalam adonan pancake?

Tentu saja! Kalian bisa menambahkan bahan lain yang disukai, seperti coklat chip, blueberry, stroberi, atau pisang ke dalam adonan pancake sebelum menggoreng. Tambahkan secukupnya agar pancake tidak terlalu padat atau terlalu penuh.

3. Apakah adonan pancake harus mengembang sebelum digoreng?

Sebaiknya adonan pancake diamkan selama beberapa menit agar tepung bisa menyerap cairan dengan baik. Namun, tidak ada aturan pasti mengenai waktu pengembangan adonan pancake. Jika kalian terburu-buru, adonan pancake bisa langsung digoreng setelah tercampur rata.

4. Apa bedanya antara pancake dengan hotcake?

Pancake dan hotcake sebenarnya merujuk pada kue yang sama, yaitu kue dadar tipis yang terbuat dari campuran tepung terigu, susu, telur, gula, dan baking powder. Hanya saja, hotcake lebih sering digunakan di Amerika Serikat, sedangkan pancake lebih populer di Eropa dan Asia.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kartu Natal Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Apa tips agar pancake tidak lengket pada wajan?

Untuk menghindari pancake lengket pada wajan, pastikan wajan sudah benar-benar panas sebelum menggoreng pancake. Tambahkan sedikit minyak atau mentega di atas wajan sebelum memasukkan adonan pancake. Jangan juga terlalu sering membolak-balik pancake agar tidak merusak teksturnya.

6. Adonan pancake yang bagaimana yang enak dan lezat?

Untuk membuat pancake yang enak dan lezat, pastikan adonan sudah tercampur rata dan adonan sudah diamkan selama beberapa menit. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar tidak menghasilkan kue yang keras dan padat. Gunakan api sedang dan jangan terlalu panas saat menggoreng pancake agar matang secara merata.

Conclusion

Nah, itulah tadi cara membuat adonan pancake sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Yuk, mulai sekarang tambahkan variasi pancake favorit kalian untuk sarapan atau makanan ringan di waktu senggang. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Adonan Pancake Sederhana