Cara Bikin Vu Meter Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara bikin vu meter sederhana. Vu meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat suara. Pada umumnya, vu meter digunakan dalam alat musik atau perangkat audio visual. Simak ya cara membuat vu meter sederhana ini.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan vu meter sederhana, persiapkan dulu bahan-bahannya ya, Sobat Sederhana. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
LED
4 buah
Resistor 220 Ohm
4 buah
Resistor 10 Kilo Ohm
1 buah
Kabel jumper
Sesuai kebutuhan
Breadboard
1 buah
Arduino Uno
1 buah

Langkah-Langkah

1. Siapkan LED dan Resistor

Pertama-tama, siapkan LED dan resistor 220 Ohm sebanyak 4 buah. Sambungkan masing-masing resistor ke kaki negatif LED, kemudian hubungkan ujung resistor yang lain ke breadboard.

2. Sambungkan LED ke Breadboard

Kemudian, sambungkan LED ke breadboard dengan menghubungkan kaki positif LED ke jalur yang sama dengan resistor. Pastikan bahwa kaki positif dan negatif LED tidak saling bertemu atau terhubung.

3. Siapkan Resistor 10 Kilo Ohm

Selanjutnya, siapkan resistor 10 kilo ohm dan hubungkan ke breadboard. Resistor ini akan digunakan sebagai pembacaan sinyal audio dari output perangkat audio.

4. Sambungkan Arduino Uno ke Breadboard

Sambungkan kabel jumper dari pin analog input A0-A3 di Arduino Uno ke jalur yang sama dengan breadboard yang sudah disiapkan tadi. Jangan lupa sambungkan juga pin ground dari Arduino Uno ke jalur ground di breadboard.

5. Upload Program ke Arduino Uno

Langkah terakhir, upload program ke Arduino Uno agar vu meter sederhana ini bisa berfungsi dengan baik. Berikut ini contoh program sederhana untuk vu meter:

void setup() {pinMode(A0, INPUT);pinMode(A1, INPUT);pinMode(A2, INPUT);pinMode(A3, INPUT);pinMode(2, OUTPUT);pinMode(3, OUTPUT);pinMode(4, OUTPUT);pinMode(5, OUTPUT);}void loop() {int val1 = analogRead(A0);int val2 = analogRead(A1);int val3 = analogRead(A2);int val4 = analogRead(A3);digitalWrite(2, HIGH);delay(val1);digitalWrite(2, LOW);delay(val1);digitalWrite(3, HIGH);delay(val2);digitalWrite(3, LOW);delay(val2);digitalWrite(4, HIGH);delay(val3);digitalWrite(4, LOW);delay(val3);digitalWrite(5, HIGH);delay(val4);digitalWrite(5, LOW);delay(val4);}

Program di atas akan membuat LED pada breadboard berkedip sesuai dengan sinyal audio yang diterima. Untuk membuat vu meter yang lebih kompleks, Sobat Sederhana bisa mengubah program sesuai dengan kebutuhan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Cincau Sederhana

FAQ

1. Apa itu vu meter?

Vu meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat suara. Pada umumnya, vu meter digunakan dalam alat musik atau perangkat audio visual.

2. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat vu meter sederhana?

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain LED, resistor 220 Ohm, resistor 10 Kilo Ohm, kabel jumper, breadboard, dan Arduino Uno.

3. Bagaimana cara membuat vu meter sederhana?

Anda dapat membuat vu meter sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan LED dan resistor
  • Sambungkan LED ke breadboard
  • Siapkan resistor 10 Kilo Ohm
  • Sambungkan Arduino Uno ke breadboard
  • Upload program ke Arduino Uno

4. Apakah ada program lain yang bisa digunakan untuk membuat vu meter?

Ya, ada banyak program yang bisa digunakan untuk membuat vu meter. Sobat Sederhana bisa mencari program lain di internet atau membuat program sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Itulah cara bikin vu meter sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan bahan dan langkah-langkah yang mudah, Sobat Sederhana bisa membuat vu meter sendiri tanpa harus membeli yang mahal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Vu Meter Sederhana