Cara Bikin Stik Kentang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka kentang goreng? Tidak peduli apa makanan favorit Anda, kentang goreng selalu menjadi pilihan yang baik sebagai cemilan atau sebagai sampingan makanan. Namun, terkadang terlalu merepotkan untuk pergi ke restoran atau toko makanan cepat saji hanya untuk menikmati kentang goreng. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas cara bikin stik kentang yang sederhana dan mudah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Kentang
2 buah
Tepung terigu
1/4 sdt
Tepung maizena
1/4 sdt
Bubuk bawang putih
1/4 sdt
Garam
secukupnya
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-Langkah

1. Potong Kentang

Potong kentang menjadi stik dengan ketebalan 1 cm. Sedapat mungkin ukuran stik kentang sama agar bisa matang secara merata. Saat memotong kentang, gunakan pisau yang tajam untuk mempermudah proses memotong.

2. Rendam Kentang

Rendam stik kentang dalam air selama 30 menit. Hal ini akan membantu mengeluarkan kadar pati dalam kentang yang berlebihan dan membuat stik kentang lebih garing dan renyah saat digoreng. Setelah selesai direndam, tiriskan stik kentang dari air dan keringkan dengan tissue atau kain bersih.

3. Campurkan Tepung dan Bumbu

Campurkan tepung terigu, tepung maizena, bubuk bawang putih, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga bahan-bahan tercampur dengan baik.

4. Goreng Kentang

Panaskan minyak dalam wajan yang cukup dalam. Setelah minyak panas, ambil satu persatu stik kentang dan celupkan ke dalam campuran tepung dan bumbu. Pastikan stik kentang terbalur dengan baik. Jangan terlalu banyak memasukkan stik kentang ke dalam wajan karena hal tersebut akan membuat suhu minyak menurun dan stik kentang akan menjadi tidak renyah.

TRENDING 🔥  Bagan Cara Kerja Komposter Sederhana

Goreng stik kentang hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan stik kentang dari minyak dengan menggunakan saringan atau tissue. Lakukan proses yang sama hingga semua stik kentang selesai digoreng.

5. Siap Disajikan

Sajikan stik kentang dalam piring dan tambahkan saus atau bumbu kesukaan Anda. Stik kentang sederhana dan lezat siap untuk dinikmati!

FAQ

1. Apakah harus direndam dalam air?

Ya, merendam stik kentang dalam air akan membantu mengeluarkan kadar pati dalam kentang yang berlebihan dan membuat stik kentang lebih garing dan renyah saat digoreng.

2. Apakah bisa menggunakan bumbu lain selain bawang putih?

Tentu saja! Anda bisa mencampurkan bumbu kesukaan Anda dalam adonan tepung sebelum digoreng.

3. Berapa banyak stik kentang yang bisa digoreng dalam satu wajan?

Jangan terlalu banyak memasukkan stik kentang ke dalam wajan karena hal tersebut akan membuat suhu minyak menurun dan stik kentang akan menjadi tidak renyah. Sebaiknya, goreng stik kentang secara bertahap dan tidak terlalu banyak memasukkan ke dalam wajan.

Kesimpulan

Sekarang Anda tidak perlu pergi ke restoran atau toko makanan cepat saji untuk menikmati kentang goreng. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah membuat stik kentang sederhana dan lezat di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Bikin Stik Kentang Sederhana