Cara Bikin Seblak Enak dan Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kali ini, saya akan berbagi resep cara bikin seblak enak dan sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Seblak adalah makanan khas Sunda yang memiliki rasa pedas dan gurih. Makanan ini sangat populer di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Seblak basah
150 gram
Bihun
50 gram
Tahu
1 buah
Kol
50 gram
Kacang tanah
50 gram
Bawang bombay
1/2 buah
Bawang putih
3 siung
Cabe merah besar
3 buah
Cabe rawit
5 buah
Air
500 ml
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Kaldu ayam
1/2 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya

Seluruh bahan tersebut dapat kalian beli di pasar tradisional atau supermarket terdekat di sekitar rumah. Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, kalian siap untuk memasak seblak enak dan sederhana!

Langkah-langkah membuat seblak enak dan sederhana

Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat seblak enak dan sederhana:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Cuci bersih semua bahan yang akan digunakan agar tetap higienis.

2. Potong-potong tahu, kol, dan seblak basah

Selanjutnya, potong-potong tahu, kol, dan seblak basah sesuai dengan selera masing-masing. Pastikan potonganannya tidak terlalu besar agar mudah dimakan.

3. Haluskan bawang putih dan cabe merah besar

Kemudian, haluskan bawang putih dan cabe merah besar menggunakan blender atau ulekan. Jangan sampai ada bagian yang terlewat agar tekstur bumbu nantinya merata.

4. Panaskan minyak goreng

Panaskan minyak goreng dalam wajan yang telah dipanaskan sebelumnya. Tunggu hingga minyak goreng panas dan siap digunakan untuk menggoreng bahan-bahan seblak.

TRENDING 🔥  Cara Buat Es Cendol Sederhana

5. Goreng tahu, kol, dan kacang tanah

Goreng tahu, kol, dan kacang tanah dalam minyak goreng yang sudah panas hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan agar minyak berlebih tidak menempel pada bahan tersebut. Sisihkan terlebih dahulu.

6. Tumis bawang bombay dan bumbu halus

Tumis bawang bombay dan bumbu halus yang telah dihaluskan sebelumnya dalam minyak goreng yang sama. Tumis hingga harum dan matang.

7. Masukkan air, garam, gula, dan kaldu ayam

Setelah itu, masukkan air, garam, gula, dan kaldu ayam ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata dan biarkan hingga mendidih.

8. Masukkan seblak basah dan bihun

Setelah mendidih, masukkan seblak basah dan bihun ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang dan empuk.

9. Masukkan tahu, kol, dan kacang tanah

Terakhir, masukkan tahu, kol, dan kacang tanah yang sudah digoreng sebelumnya. Aduk rata dan matikan kompor. Seblak enak dan sederhana pun siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara bikin seblak enak dan sederhana:

1. Apa bedanya seblak basah dan seblak kering?

Seblak basah dan seblak kering sebenarnya sama-sama memiliki rasa pedas dan gurih. Perbedaannya terletak pada kekeringan bahan seblak. Seblak basah disajikan dengan saus berkuah sedangkan seblak kering disajikan dalam keadaan kering tanpa saus kuah.

2. Apakah bisa menggunakan bahan lain selain yang tercantum di atas?

Tentu saja bisa. Kalian bisa menambahkan bahan lain yang kalian sukai seperti sosis, bakso, atau jamur. Namun, pastikan bahan tersebut benar-benar cocok dengan rasa seblak.

3. Bagaimana supaya seblak tidak terlalu pedas?

Untuk mengurangi rasa pedas, kalian bisa mengurangi jumlah cabe rawit. Jika masih terlalu pedas, kalian bisa menambahkan gula pada saus kuah sehingga rasa pedas menjadi sedikit mereda.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Salad Sayur Sederhana untuk Diet

4. Apakah seblak bisa disimpan dalam kulkas?

Seblak sebaiknya langsung disajikan karena jika disimpan dalam kulkas, tekstur bahan pada seblak akan berubah dan tidak lagi enak dimakan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah resep cara bikin seblak enak dan sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya di website kami. Sampai jumpa!

Cara Bikin Seblak Enak dan Sederhana untuk Sobat Sederhana