Cara Bikin Rumah Keong Sederhana dari Spon

Cara Bikin Rumah Keong Sederhana dari Spon

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat rumah keong sederhana dari spon. Seperti yang kita tahu, rumah keong yang biasa dibuat dari kayu atau kaca membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, dengan menggunakan bahan spon, kita bisa membuat rumah keong dengan biaya yang lebih terjangkau.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan rumah keong sederhana dari spon, kita harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan:

Alat yang diperlukan
Bahan yang diperlukan
Gunting
Spon
Pisau cutter
Kertas karton
Double tape
Lem tembak
Pensil
Kain flanel
Ruler
Kertas HVS

Setelah alat dan bahan siap, kita bisa memulai langkah-langkah pembuatan rumah keong sederhana dari spon sebagai berikut:

Langkah-Langkah Pembuatan

1. Membuat Pola Rumah Keong

Langkah pertama dalam pembuatan rumah keong sederhana dari spon adalah membuat pola rumah keong pada kertas karton. Pola ini akan digunakan sebagai acuan dalam memotong spon. Pola rumah keong bisa dibuat dengan cara menggambar pola pada kertas karton menggunakan pensil dan ruler.

2. Memotong Spon

Setelah pola selesai dibuat, guntinglah spon sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pastikan bahwa ukuran spon yang dipotong sesuai dengan ukuran pola yang telah dibuat.

3. Membuat Tali Pengikat

Untuk mengikat bagian atas dan bawah rumah keong, kita bisa menggunakan tali pengikat yang terbuat dari kain flanel. Potong kain flanel sepanjang 30 cm dan lebarnya sekitar 2 cm. Kemudian, lipat kain flanel menjadi dua dan jahitlah tepinya menggunakan benang dan jarum.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Restock Sederhana

4. Menempelkan Spon

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai menempelkan spon menggunakan lem tembak dan double tape sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pastikan bahwa spon sudah terpasang dengan rapi dan kuat.

5. Mengikat Bagian Atas dan Bawah

Setelah semua spon terpasang dengan rapi, kita bisa mengikat bagian atas dan bawah rumah keong menggunakan tali pengikat yang telah dibuat. Pastikan bahwa tali pengikat sudah terikat dengan kuat dan rapi.

FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat rumah keong sederhana dari spon?

Biaya yang diperlukan untuk membuat rumah keong sederhana dari spon relatif lebih murah dibandingkan dengan membuat rumah keong dari kayu atau kaca. Biaya yang diperlukan tergantung dari ukuran dan jenis spon yang digunakan.

2. Bisakah rumah keong sederhana dari spon digunakan sebagai tempat tinggal?

Rumah keong sederhana dari spon hanya dapat digunakan sebagai mainan atau hiasan saja. Karena sifat spon yang mudah hancur dan tidak tahan terhadap cuaca, rumah keong sederhana dari spon tidak bisa digunakan sebagai tempat tinggal.

3. Apakah pembuatan rumah keong sederhana dari spon memerlukan keahlian khusus?

Pembuatan rumah keong sederhana dari spon tidak memerlukan keahlian khusus. Hal yang dibutuhkan hanyalah kreativitas dan ketelitian dalam memotong dan menempelkan spon.

Kesimpulan

Nah, Sobat Sederhana, demikianlah cara membuat rumah keong sederhana dari spon yang bisa kita coba. Selain lebih murah, rumah keong sederhana dari spon juga dapat dijadikan hiasan yang unik dan menarik. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Rumah Keong Sederhana dari Spon