Cara Bikin Rak Buku Sederhana dari Kardus

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sering merasa kesulitan menyimpan buku-buku di rumah atau kamar kos-mu? Jangan khawatir, kali ini kami akan berbagi cara mudah membuat rak buku dari kardus yang sederhana dan murah meriah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
Kardus bekas
Cutter
Lem tembak
Penggaris
Kain perca
Kertas amplas
Spidol
Pensil

Setelah kamu menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, kita bisa mulai membuat rak buku sederhana dari kardus.

Langkah-Langkah Membuat Rak Buku dari Kardus

1. Potong Kardus Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Pertama-tama, kamu harus memotong kardus bekas ke ukuran yang diinginkan. Ukuran yang disarankan adalah 60 x 30 x 15 cm. Gunakan penggaris dan pensil untuk membuat tanda-tanda sebelum memotongnya dengan cutter.

2. Buat Pola Rak Buku

Kemudian, buat pola rak buku pada kardus yang sudah dipotong tadi. Pola rak buku ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian bawah, tengah, dan atas. Bagian bawah dan tengah akan menjadi tempat penyimpanan buku, sedangkan bagian atas akan menjadi dekorasi.

3. Potong Kardus Menurut Pola

Setelah pola sudah dibuat, potong kardus sesuai dengan pola yang sudah kamu buat. Pastikan potongan kardusnya rapi dan sesuai dengan pola yang telah dibuat.

4. Rapihkan Ujung Kardus

Rapikan ujung kardus menggunakan kertas amplas. Hal ini bertujuan agar bagian tepi kardus terlihat rapi dan tidak kasar. Kamu juga bisa menggunting belah ketupat pada bagian tepi kardus agar lebih rapi.

5. Lem Kardus ke Kain Perc

Selanjutnya, lem kardus ke kain perca menggunakan lem tembak. Kain perca berfungsi untuk melapisi permukaan kardus sehingga terlihat lebih estetik dan tidak terlihat seperti barang bekas yang kumuh.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Animasi Nama Sederhana di Macromedia Flash 8

6. Tambahkan Aksen pada Bagian Atas Rak Buku

Bagian atas rak buku bisa diberi aksen dengan menambahkan kain perca atau kertas warna-warni. Kamu juga bisa menambahkan stiker, spidol, atau tinta untuk membuat desain sesuai dengan selera.

FAQ Cara Bikin Rak Buku Sederhana dari Kardus

1. Apakah Bahan yang Dibutuhkan Mudah Didapatkan?

Ya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat rak buku dari kardus sangat mudah didapatkan. Kamu bisa mencarinya di rumah atau membelinya di toko bahan kertas terdekat.

2. Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Membuat Rak Buku dari Kardus?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat rak buku dari kardus sangat murah meriah. Hanya membutuhkan biaya sekitar 20 ribu rupiah.

3. Apakah Rak Buku dari Kardus Tahan Lama?

Tergantung pada kualitas kardus dan lem yang digunakan. Jika kamu menggunakan bahan yang berkualitas dan lem yang kuat, maka rak buku dari kardus ini bisa bertahan lama.

4. Bagaimana Menjaga Rak Buku dari Kardus Agar Tetap Awet?

Agar rak buku dari kardus tetap awet, kamu perlu menjaganya dari debu dan air. Pastikan kamu membersihkan rak buku secara berkala dan menjaganya dari tempat yang lembap.

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat rak buku dari kardus yang sederhana dan murah meriah. Dengan memanfaatkan kardus bekas, kamu bisa membuat rak buku sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Bikin Rak Buku Sederhana dari Kardus