Cara Bikin Puding Roti Tawar Kukus Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar cara membuat puding roti tawar kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Cocok banget buat kamu yang suka memasak tapi masih pemula atau ingin mencoba resep yang mudah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum kita mulai membuat puding, pastikan dulu kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan
Jumlah
Roti tawar
6 lembar
Telur ayam
4 butir
Gula pasir
150 gram
Susu cair
500 ml
Garam
1/4 sendok teh
Spesial bubuk atau essence
1/2 sendok teh
Pewarna makanan
secukupnya

Cara Membuat:

Setelah semua bahan siap, yuk langsung kita mulai membuat puding roti tawar kukus sederhana.

1. Siapkan Adonan

Pertama-tama, ambil mangkuk dan kocok telur sampai benar-benar tercampur. Setelah itu, tambahkan susu cair, gula pasir, garam, spesial bubuk atau essence, dan pewarna makanan. Aduk semua bahan hingga benar-benar tercampur.

2. Potong Roti Tawar

Selanjutnya, potong roti tawar sesuai selera dan letakkan di dalam loyang yang sudah diolesi margarin atau mentega. Pastikan roti tawar menutupi seluruh permukaan loyang.

3. Tuangkan Adonan

Setelah itu, tuangkan adonan ke atas roti tawar yang sudah disusun di dalam loyang. Pastikan adonan merata menutupi roti tawar.

4. Kukus Adonan

Selanjutnya, kukus adonan selama kurang lebih 45-50 menit dengan api sedang atau hingga matang. Jangan lupa untuk mengecek puding roti tawar dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika sudah tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, artinya puding roti tawar sudah matang.

5. Sajikan Puding Roti Tawar

Setelah puding roti tawar sudah matang, angkat dan biarkan dingin. Setelah dingin, kamu bisa mengeluarkan puding roti tawar dari loyang dan potong sesuai selera. Puding roti tawar sederhana siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena Penerima Radio FM Sederhana

FAQ:

1. Apakah Harus Menggunakan Pewarna Makanan?

Tidak harus menggunakan pewarna makanan jika tidak suka. Pewarna makanan hanya digunakan untuk memberikan warna pada puding roti tawar agar lebih menarik.

2. Bolehkah Menggunakan Roti Tawar yang Sudah Kering?

Boleh menggunakan roti tawar yang sudah kering, tapi pastikan roti tawar masih dalam kondisi yang baik dan tidak berjamur.

3. Apakah Harus Menggunakan Essence?

Tidak harus menggunakan essence, tapi jika suka bisa menggunakan essence untuk memberikan aroma pada puding roti tawar. Kamu bisa memilih essence apa saja yang disukai.

4. Berapa Lama Pudding Roti Tawar Harus Dikukus?

Puding roti tawar harus dikukus kurang lebih 45-50 menit dengan api sedang atau hingga matang.

5. Bagaimana Cara Mengetahui Pudding Roti Tawar Sudah Matang?

Kamu bisa mengetahui puding roti tawar sudah matang dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika sudah tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, artinya puding roti tawar sudah matang.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Puding Roti Tawar Kukus Sederhana