Cara Bikin Program Sederhana Din Execute Lewat CMD

Hello, Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat program sederhana yang dapat dijalankan melalui Command Prompt atau CMD. Di era digital seperti sekarang ini, kemampuan memprogram menjadi semakin penting. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara membuat program sederhana menggunakan bahasa pemrograman.

Persiapan

Sebelum memulai membuat program sederhana, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan kamu sudah memiliki software Visual Studio Code atau editor teks favoritmu. Kedua, pastikan kamu sudah menginstall software Java Development Kit (JDK) dan sudah mengatur path-nya.

Jika semua sudah siap, kita bisa mulai membuat program sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat File Java

Langkah pertama adalah membuat file Java. Buka editor teks favoritmu dan buat file baru dengan ekstensi .java. Contohnya, nama file bisa adalah programku.java. Setelah itu, ketik kode program berikut:

public class Programku {public static void main(String[] args) {System.out.println("Hello, world!");}}

Kode program di atas adalah program sederhana yang hanya menampilkan teks “Hello, world!”. Setiap program Java harus memiliki main method sebagai titik awal eksekusi program.

2. Menyimpan File Java

Setelah selesai mengetik kode program, simpan file dengan menekan Ctrl+S atau klik File – Save. Pastikan nama file dan ekstensinya sudah benar. File programku.java harus disimpan di dalam folder yang mudah diakses, misalnya di C:\Program.

3. Compile File Java

Setelah file .java disimpan, selanjutnya kita harus mengompilasi file tersebut menjadi file .class. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt atau CMD dan masuk ke direktori dimana file .java disimpan. Dalam hal ini, kita masuk ke direktori C:\Program dengan mengetikkan perintah berikut:

cd C:\Program

Setelah itu, ketik perintah untuk mengompilasi file .java:

javac programku.java

Perintah di atas akan mengompilasi file programku.java dan menghasilkan file programku.class.

TRENDING 🔥  Petunjuk Cara Membuat Mainan Sederhana yang Menarik

4. Menjalankan Program Java

Setelah file .class dihasilkan, selanjutnya kita bisa menjalankan program Java yang sudah dibuat. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut di CMD:

java programku

Perintah di atas akan menjalankan program Java yang sudah dikompilasi tadi. Hasilnya akan ditampilkan di CMD, yaitu “Hello, world!”.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
1. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum membuat program sederhana?
Kamu perlu memiliki software Visual Studio Code atau editor teks favoritmu serta software Java Development Kit (JDK) yang sudah dikonfigurasi dengan benar.
2. Bagaimana cara membuat file Java?
Kamu bisa membuat file Java dengan membuat file baru dengan ekstensi .java dan mengetikkan kode program di dalamnya.
3. Bagaimana cara mengompilasi file Java?
Untuk mengompilasi file Java, kamu bisa membuka CMD dan masuk ke direktori dimana file .java disimpan. Kemudian, ketik perintah javac [nama file].java.
4. Bagaimana cara menjalankan program Java?
Untuk menjalankan program Java, kamu bisa membuka CMD dan masuk ke direktori dimana file .class disimpan. Kemudian, ketik perintah java [nama file].

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Program Sederhana Din Execute Lewat CMD