Cara Bikin Prekedel Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Mau coba membuat prekedel sederhana di rumah tapi tidak tahu bagaimana caranya? Tenang saja, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap cara bikin prekedel sederhana yang mudah dan enak. Prekedel adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari ubi yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan lainnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Ubi jalar
500 gram
Tepung terigu
100 gram
Bawang merah
3 siung
Bawang putih
2 siung
Merica
secukupnya
Garam
secukupnya
Tepung ketan
50 gram
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas baik agar hasil prekedel yang dihasilkan juga enak dan lezat.

Langkah-langkah Pembuatan Prekedel Sederhana

1. Mengolah Ubi Jalar

Langkah pertama adalah mengolah ubi jalar. Pisahkan kulit ubi jalar dan potong-potong menjadi ukuran kecil-kecil agar mudah dihaluskan. Rebus ubi jalar hingga empuk, angkat dan tiriskan.

2. Membuat Adonan Prekedel

Selanjutnya, haluskan ubi jalar dengan blender atau food processor. Tambahkan tepung terigu lalu aduk hingga rata. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum lalu tambahkan ke dalam adonan ubi jalar. Tambahkan juga tepung ketan, merica, dan garam secukupnya. Aduk rata hingga menjadi adonan prekedel yang padat.

3. Membentuk Prekedel

Siapkan wadah berisi air untuk membentuk prekedel. Ambil satu sendok makan adonan prekedel dan bulatkan dengan tangan. Masukkan ke dalam wadah air dan bentuk hingga halus. Lakukan langkah ini hingga semua adonan habis.

4. Menggoreng Prekedel

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng prekedel hingga kecokelatan. Tiriskan dan sajikan prekedel sederhana bersama sambal atau saus kesukaan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Akun SharePoint Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara mengetahui apakah ubi jalar sudah matang?

Untuk memastikan ubi jalar sudah matang, celupkan garpu atau tusuk sate ke dalam ubi jalar. Jika garpu atau tusuk sate tersebut mudah menembus ubi jalar, berarti ubi jalar sudah matang.

2. Apakah tepung ketan bisa diganti dengan tepung terigu?

Tidak disarankan untuk mengganti tepung ketan dengan tepung terigu karena tepung ketan berfungsi sebagai pengikat dalam adonan prekedel.

3. Bisakah prekedel disimpan dalam freezer?

Prekedel dapat disimpan dalam freezer selama dua minggu. Sebelum disimpan, pastikan prekedel telah dingin dan simpan dalam wadah kedap udara.

4. Apa yang bisa ditambahkan dalam adonan prekedel untuk variasi rasa?

Beberapa bahan tambahan yang dapat ditambahkan dalam adonan prekedel untuk variasi rasa antara lain jagung manis, wortel parut, atau udang cincang.

Penutup

Itulah langkah-langkah cara bikin prekedel sederhana yang mudah dan enak. Selamat mencoba di rumah dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi pengalaman membuat prekedel dengan teman dan keluarga. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Prekedel Sederhana untuk Sobat Sederhana