Cara Bikin Prekedel Kentang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini?

Pendahuluan

Prekedel kentang adalah salah satu makanan dari Indonesia yang terbuat dari kentang yang dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu tertentu. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan cocok sekali untuk dijadikan hidangan untuk keluarga atau pesta. Bagi Sobat Sederhana yang ingin belajar membuat prekedel kentang sederhana, berikut adalah langkah-langkahnya.

Bahan-bahan

Sebelum kita mulai membuat prekedel kentang, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu:

Bahan
Jumlah
Kentang
500 gram
Bawang Merah
5 butir
Bawang Putih
3 siung
Kemiri
3 butir
Garam
secukupnya
Jagung
50 gram
Tepung Terigu
100 gram
Telur
1 butir
Minyak Goreng
sejumput

Cara membuat

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat prekedel kentang:

Langkah 1: Mengolah kentang

Kupas kentang dan cuci bersih. Potong-potong kentang dan rebus hingga empuk. Setelah empuk, tiriskan dan haluskan kentang hingga tidak ada gumpalan.

Tip:

Gunakan kentang yang baik dan benar-benar empuk agar mudah dihaluskan.

Langkah 2: Membuat bumbu

Iris bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Panaskan minyak goreng di wajan dan tumis bumbu hingga harum. Setelah itu, matikan api dan biarkan bumbu dingin.

Langkah 3: Mencampurkan bahan

Campurkan kentang yang sudah dihaluskan, bumbu yang sudah ditumis, jagung, tepung terigu, telur, dan garam secukupnya. Uleni hingga adonan tercampur rata.

Langkah 4: Membentuk adonan

Setelah adonan tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sebesar bola pingpong. Setelah itu, pipihkan dan beri cetakan seperti ukuran prekedel yang sudah biasa Anda beli.

Langkah 5: Menggoreng

Panaskan minyak goreng di wajan dan goreng prekedel hingga kuning kecokelatan. Setelah itu, tiriskan prekedel sesuai dengan gaya Anda.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Memperkuat Suara Salon Pasif

FAQ

1. Apakah prekedel kentang bisa diolah dengan teknik yang berbeda?

Ya, prekedel kentang bisa diolah dengan teknik yang berbeda sesuai dengan selera Anda. Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daging cincang atau kacang hijau.

2. Apakah prekedel kentang bisa disimpan?

Ya, prekedel kentang bisa disimpan dalam kulkas atau freezer. Dalam kulkas bisa bertahan hingga 2 hari, sedangkan dalam freezer bisa bertahan hingga 1 minggu.

3. Bagaimana cara menyajikan prekedel kentang?

Prekedel kentang bisa disajikan dengan berbagai cara seperti dengan sambal atau kecap. Prekedel kentang juga bisa dijadikan menu sarapan atau camilan di rumah.

Kesimpulan

Nah, sudahkah Sobat Sederhana mempraktekkan cara membuat prekedel kentang sederhana di atas? Jangan lupa untuk terus mencoba dan eksperimen dengan bahan-bahan yang berbeda untuk mendapatkan rasa yang optimal. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Prekedel Kentang Sederhana