Cara Bikin Power Supply Sederhana untuk Service HP

Sobat Sederhana, ada banyak alat yang dibutuhkan ketika sedang melakukan service pada HP. Salah satunya adalah power supply atau sumber daya listrik yang sangat penting dalam melakukan perbaikan. Namun, membuat power supply bukanlah hal yang sulit. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara bikin power supply sederhana untuk service HP.

1. Persiapan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat power supply, pertama-tama siapkan alat-alat yang dibutuhkan, di antaranya:

Alat
Fungsi
Transformator CT
Menghasilkan arus DC yang stabil
Dioda
Mengubah arus AC menjadi arus DC
Capasitor
Menyimpan arus DC sementara
Resistor
Membatasi arus yang masuk ke ponsel
Kabel dan Konektor
Untuk menghubungkan komponen

Setelah alat dan bahan sudah lengkap, kita bisa mulai membuat power supply sederhana.

2. Cara Bikin Power Supply Sederhana

2.1. Merakit Bagian Input

Bagian input merupakan bagian pertama dari rangkaian power supply kita. Gunakan transformator CT dan dioda untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Kemudian, gunakan resitor untuk membatasi arus yang masuk ke ponsel. Rangkai komponen-komponen tersebut hingga terlihat seperti gambar di bawah.

2.2. Merakit Bagian Output

Setelah bagian input selesai, kita bisa mulai merakit bagian output. Gunakan capasitor untuk menyimpan arus DC sementara. Kemudian, rangkai komponen hingga terlihat seperti gambar di bawah ini.

2.3. Merakit Bagian Transistor

Bagian terakhir yang perlu dirakit adalah bagian transistor. Gunakan transistor sebagai pengatur voltase dan arus pada ponsel. Rangkai semua komponen seperti gambar di bawah ini.

3. FAQ

3.1. Bisakah Power Supply Sederhana Ini Digunakan untuk Semua Jenis HP?

Power supply sederhana ini bisa digunakan untuk hampir semua jenis HP, namun ada beberapa jenis HP yang memiliki kebutuhan voltase dan arus yang berbeda-beda. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan pada bagian transistor sesuai dengan kebutuhan HP yang sedang diperbaiki.

3.2. Apa Saja Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Power Supply Sederhana Ini?

Alat yang dibutuhkan antara lain transformator CT, dioda, capasitor, resistor, kabel dan konektor.

3.3. Bagaimana Cara Menggunakan Power Supply Sederhana Ini?

Setelah selesai dibuat, hubungkan power supply dengan adaptor atau sumber listrik AC. Kemudian, hubungkan kabel power supply ke baterai HP yang akan diperbaiki. Atur pengaturan voltase dan arus sesuai dengan jenis HP yang sedang diperbaiki.

4. Kesimpulan

Dari artikel ini, kita sudah tahu cara bikin power supply sederhana untuk service HP. Dengan menggunakan alat-alat yang mudah didapatkan dan beberapa langkah sederhana, kita bisa membuat power supply yang stabil dan handal. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Power Supply Sederhana untuk Service HP

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kerodong Burung Sederhana